Branding Produk Umkm Daster Sambung Sawitri melalui Media Digital
(1) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(2) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(3) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(4) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(5) Fakultas Dakwah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v1i1.33452
Abstract
Perkembangan teknologi dapat menyelesaikan persoalan ruang dan waktu. Pandemi covid 19 yang melanda dunia sejak Desember 2019 menimbulkan dampak ke berbagai sektor kehidupan. Salah satunya memunculkan masalah perekonomian. Adanya peraturan pembatasan sosial berskala besar membuat banyak pedagang yang tidak bisa menjual dagangannya. Banyak penjual menghentikan sementara pekerjaannya dan tidak sedikit pula yang akhirnya gulung tikar karena tidak bisa bertahan. Pengusaha UMKM Daster Sambung Sawitri merupakan salah satu pedagang yang dapat bertahan dengan segala keterbasan yang ada. Berdasarkan hal tersebut, UMKM ini dipilih untuk dilakukan pendampingan. Strategi yang digunakan untuk pengembangan UMKM ini adalah dengan Branding Produk. Metode yang digunakan sebagai aplikasi rencana branding dilakukan dengan cara observasi, identifikasi masalah, dan analisis pemecahan masalah. Setelah menemukan inti permasalahan dan solusi terbaik maka pelaksanaan pendamipingan dilakukan dengan serangkaian kegiatan, yaitu pembuatan nama dan logo produk baru, pembuatan foto iklan produk, pembuatan video iklan iklan produk, pembuatan tagwear, pembuatan nota custom, dan pembuatan banner. Strategi tersebut dilakukan dengan melihat sejarah perkembangan UMKM dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga dapat menaikkan mutu kehidupan usaha yang ditekuni.
Full Text:
PDFReferences
Andi Amri. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap
Umkm Di Indonesia. Jurnal Brand
UMM Vol 2 No 1 (2020): Volume 2
Nomor 1 Juni 2020. Hal 123-130
Bambang Arianto. 2021. Pengembangan
UMKM Digital di Masa Pandemi
Covid-19. Jurnal Atrabis. Vol. 6 No. 2
Desember 2020 Hal 233-247
DOI: https://doi.org/10.38204/atrabis.
v6i2.512
Bambang D Prasetyo. 2020. Strategi Branding
Teori dan Perspektif Komunikasi dan Bisnis. Malang: UB Press.
Ghifari Yuristiadhi. Strategi Branding
Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Jurnal ETTISAL. Vol. 2, No. 2, Desember 2017 hal 31-41. http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v212.1265
Rachmawan Budiarto, dkk. 2015.
Pengembangan UMKM: Antara
Konseptual dan Pengalaman Praktis.
Yogyakarta: UGM Press
Sri Dewi Setiawati. Strategi Membangun
Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro
Kecil Menengah. Jurnal Jurnal
Abdimas BSI vol. 2 No. 1 Februari
, Hal. 125 -136
Sudati Nur Sarfiah, dkk. 2019. UMKM
Sebagai Pilar Membangun Ekonomi
Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi
Pembangunan Vol 4 No 2 137-146
Wan laura Hardilawati. 2020. Strategi
Bertahan UMKM di Tengah Pandemi
Covid-19. Jurnal Akutansi dan
Ekonomika. Vol. 10 No. 1 Juni 2020
Halaman 89-98
Article Metrics
Abstract view : 330 times | PDF view : 0 timesRefbacks
Copyright (c) 2022 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by