DINAMIKA KORUPSI MENGENAI TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA

Nur Intan(1), Amirah Nangga(2*), Idham Irwansyah Idrus(3), Firdaus W Suhaeb(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v19i1.61353

Abstract


Korupsi terjadi disebabkan adanya penyalahgunaan wewenang dan jabatan yang dimiliki oleh pejabat atau pegawai demi kepentingan pribadi dengan mengatasnamakan pribadi atau keluarga, sanak saudara dan teman. Wertheim (dalam Lubis, 1985) menyatakan bahwa seorang pejabat dikatakan melakukan tindakan korupsi bila ia menerima hadiah dari seseorang yang bertujuan mempengaruhinya agar ia mengambil keputusan yang menguntungkan kepentingan si pemberi hadiah. Penyebab Terjadinya Korupsi yaitu Sistem Penyelenggaraan Negara yang Keliru, kompensasi pns yang rendah, pejabat yang serakah, law enforcement tidak berjalan, hukuman yang ringanterhadap koruptor, tidak ada keteladanan pemimpin, pengawasan yang tidak efektif, budaya masyarakat yang kondusif kkn. Langkah pemberantasan korupsi yaitu, membangun supremasi hukum dengan kuat, menciptakan kondisifitas nyata di semua daerah, eksistensi para aktivis, menciptakan pendidikan anti korupsi, dan sebagainya. Korupsi dalam pelayanan publik telah menjadi masalah yang persisten di Indonesia, mempengaruhi efisiensi, keadilan, dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Artikel ini mengkaji dinamika korupsi dalam pelayanan publik di Indonesia, menyoroti tantangan yang dihadapi serta menyajikan beberapa solusi yang dapat diimplementasikan. Berdasarkan analisis terhadap data dan literatur yang tersedia, artikel ini menyimpulkan bahwa korupsi dalam pelayanan publik disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk regulasi yang lemah, budaya korupsi yang persisten, dan kurangnya transparansi dan akuntabilitas. 


Keywords


Dynamics of corruption, Corruption in public service, Challenges and Solutions

Full Text:

PDF

References


Arifin, Ridwan; Utari, Indah Sri; dan Subondo, Herry 2016 “Upaya Pengembalian Aset Korupsi yang Berada di Luar Negeri (Asset Recovery) dalam Penegakan Hukum Pemberantasan Korupsi di Indonesia”, Indonesian Journal of Criminal Law Studies (IJLS Vol.1 No.1)

Dewi S, Tan, Evi Ratna, 2017, Analisis Kasus Korupsi Dana Bantuan Partai Politik PPP Kota Jepara. Thesis, Unika Soegijapranata, Semarang.

Fitri, A., & Utami, D. (2020). Dinamika Korupsi dalam Pelayanan Publik di Indonesia: Tinjauan Analisis Kuantitatif. Jurnal Kajian Pemerintahan, 7(2), 145-162.

Hamzah, Andi, Korupsi di Indonesia dan Pemecahannya,(Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1991).

Hari Purwadi, Adriana Grahani Firdausy, Sasmini 2010. Pengembalian Keuanan Daerah Akibat Tindak Pidana Korupsi. Jurnal Yustisia, Januari April 2010 Edisi 79 Surakarta, Fakultas Hukum UNS

Nugroho, A., & Suryani, R. (2017). Solusi Kebijakan untuk Mengatasi Korupsi dalam Pelayanan Publik di Indonesia: Tinjauan dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 5(2), 89-104.

Perspektif Masyarakat Pedesaan. Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 67-82.

Pratama, B., & Sari, R. (2018). Tantangan dan Solusi dalam Penanggulangan Korupsi di Layanan Publik:

Ritzer , G. (2010). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persad

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amirah Nangga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats