EVALUASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Hasnawati Hasnawati(1*), Mashuri Mashuri(2), Mega Erdawati(3),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i2.43094

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Bontojai Kecamatan Salomekko Distrists upaten Bone dan untuk mengetahui dampak Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Bontojai Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone yang diukur dengan indikator efektivitas, efisiensi , kecukupan (adequancy, equity, responsiveness, dan properness.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, dan member check. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi Dana Desa Untuk Masyarakat Pemberdayaan di Desa Bontojai, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, lebih dianggarkan untuk pembangunan infrastruktur dibandingkan program pemberdayaan masyarakat, meskipun setiap tahun pemerintah Desa Bontojai meningkatkan anggaran untuk program pemberdayaan masyarakat. Evaluasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Bontojai Kecamatan Salomekko Distrists upaten Bone telah dilakukan secara efektif dan menghasilkan output yang baik dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat dan masyarakat Desa Bontojai masih sebagian kecil yang merasakan manfaat dana desa dalam pemberdayaan masyarakat.

Keywords


Evaluasi, Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Endang Juliana. 2017. Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Mendukung Pembangunan Desa Di Kabupaten Asahan. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Eri Hariyanto. 2017. Evaluasi Kebijakan Penerbitan Sukuk Negara Sebagai Instrumen Pembiayaan APBN. Cetak 1. Yogyakarta: Gava Media.

Grafis Ray. 2017. Peraturan Desa Lengkap (UU RI No. 6 Tahun 2014). Cetak 1. Jakarta Timur: Sinar Graphic Offset.

Harry Kebijaksanaan. 2010. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Hit Bandung: Humaniora Utama Pers.

Haryanto. 2017. Kajian Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning dengan pendekatan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Informatika Khatulistiwa, V(1), 14–20.

Leo Agustino. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Cetak 2. Bandung: Alphabeta. Halaman 187-188.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017

Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Cetak 3. Bandung: Alphabeta.

Widyatama. 2014. Tinjauan tentang pengertian literatur efisiensi”. . Https://repository.Widyatama.ac.Indo. Diakses 26 November 2022.

Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Press.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasnawati Hasnawati, Mashuri Mashuri, Mega Erdawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats