PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Firdaus W. Suhaeb(1*), Anisah Aah Marfuah(2), Ernawati S. Kaseng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i1.33776

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) adaptasi siswa dan guru dalam pembelajaran blended learning di SMK Negeri 3 Makassar di masa new normal; 2) dampak dari penerapan pembelajaran blended learning di SMK Negeri 3 Makassar di masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan menggunakan triangulasi sumber yakni menguji kredibilitas data yang dilaksanakan dengan cara meneliti data yang sudah didapatkan menggunakan sejumlah sumber. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) adaptasi siswa dan guru dalam pembelajaraan blended learning yaitu adaptasi fungsional dari sistem sekolah dilihat dari sarana dan prasana, adaptasi epi genetik dalam kesesuan diri dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru, adaptasi budaya merupakan adaptasi tingkah laku sosial dalam interaksi sesama teman dan guru. 2) dampak penerapan pembelajaran blended learning yaitu dakmpak positif dan negatif. Dampak positif yakni menjadikan pembelajaran blended learning model ini mempermudah guru dan siswa untuk melaksanakan pembelajaran yang bisa melaksanakan tatap muka langsung di sekolah. Dampak negatif yakni dari segi waktu dan materi yang dipersingkat, dan sarana prasana yang kurang memadai.

Keywords


Model Pembelajaran, Blended learning, Adaptasi Kebiasaan Baru

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.

Nilam Fitriani Dai, Indrawahyuni Mardi, A. (2022). Polemik Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Pembelajaran Secara Daring/Virtual. Penerbit NEM.

Rosramadhana, Febriansyah, et.al (2020). Menulis Etnografi: Belajar Menulis Tentang Kehidupan Sosial Budaya Berbagai Etnis. Yayasan Kita Menulis.

Wijoyo, H., Junita, A., Kristianti, L. S., Santamoko, R., Handoko, A. L., Yonata, H., Ariyanto, A., & Prasada, D. (2020). Blended learning: Suatu Panduan. Insan Cendekia Mandiri.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Ernawati, W. (2020). Adaptasi Pembelajaran Sosiologi Secara Blended learning Dalam Menghadapi Masa New Normal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 81–92. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/PIP.342.2

Nafi’ah, J. (2021). Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended learning di Era New Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 23–36. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/476

Replianis, R. (2019). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 7(1), 91–112. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.221

Susanty, Y. (2021). Studi Komparasi Management Of Training (MOT) Antara Metode Blended learning dan Fully Online Learning. Jurnal Wacana Kinerja, 24(2), 24–37. http://jwk.bandung.lan.go.id

Yulianty, P., Supenti, D., Irawati, D., Kemalasari, S., Hariyanti, S. D., Hantini, S., & Lusiana, V. (2022). Model Blended Berbasis Publikasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Anak Bangsa (JAS), 1(1), 44–52. http://jas.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/6/11


Article Metrics

Abstract view : 338 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firdaus W. Suhaeb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats