PEMBELAJARAN PPKN KELAS INKLUSI DI SMKN 5 MATARAM
Bagdawansyah Alqadri
(1*), Hariyanto Hariyanto
(2), I Nengah Agus Tripayana
(3), Mursini Jahiban
(4),
(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(3) Universitas Mataram
(4) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/supremasi.v17i1.32021
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram, (2) Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram,, (3) Evaluasi Pembelajaran PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram, dan (4) Kesulitan yang dihadapi guru PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram dan Solusinya. Metode penelitian ini termasuk menggunakan pendekatan kualitatif dengan Subyek Penelitian Guru PPKn kelas X dan XI. Sedangkan informan penelitian terdiri atas Kepala Sekolah, Wakase Bidang Kurikulum, dan perwakilan siswa kelas X, XI. Teknik pengmumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumen, dan focus group discussion. Selanjutnya data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan setelah data divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Kelas Iklusi SMKN 5 menggunakan pendekatan scientific, model pembelajaran koperatif, problem based learning, (2) Pelaksanaan pembelajaran PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram Kelas X : dilaksanakan dengan tahap diawali pertanyaan pemantik, penjelasan guru, diskusi kelompok, browsing literasi, identifikasi masalah, analisis masalah, pengumpulan data, analisi data, kesimpulan yang hasilnya dipresentasikan dalam kelas. Sedangkan guru kelas XI melaksanakannya diawali dengan literasi mengamati video, diskusi kelompok, analisis masalah, pengumulan data, menalar, kesimpulan, dan presentasi kelas, (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan test tulis atau lisan 50 %, observasi skala sikap 30 %, dan keterampilan produk 20 %. (4) Kesulitan guru PPKn Kelas Inklusi SMKN 5 Mataram dan solusinya : Beberapa siswa malas solusinya himbauan persuasive untuk mengelola waktu, kesiapan belajaran siswa rendah solusinya diberikan motivasi, monopoli pembicaraan oleh siswa pandai solusinya member kesempatan siswa lainnya, kesulitan menjawab pertanyaan HOTS solusinya dengan member arahan kata kunci, Siswa berkebutuhan khusus minder dan menggangu temannya solusinya mengingatkaan agar saling menghargai dan melindungi dan meningkatkan rasa percaya diri, siswa berkebutuhan khusus menaglami kesulitan pewnjelasan lisan guru solusinya “speach to text”, budaya membaca rendah solusinya meningkatkan minat baca. Kesimpulan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran PPKn kelas inklusi telah menerapkan pembelajaran inovatif melalui pendekatan scientific, model pembelajaran koperatif, dan problem based learning. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan 5 M ( Mengkaji masalah , Mengumpulkan data, Menalar melalui pembuktian, Menarik kesimpulan, dan Menyajikan hasil diskusi di depan kelas ) dan juga meneraapkan L4C dan pertanyaan HOTS sesuai tuntutan revolusi industi 4.0 dan abad 21
Keywords
Pembelajaran, PPKn, Kelas Inklusi
References
Anonim. 2009. Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 Beserta Amandemennya
Budiyanto. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN MALIKI PRESS
Ni’matuzahroh dan Nurhamida Yuni. 2016. Individu Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusif. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang
Purwanto Bambang Tri dan Sunardi. 2010. Membangun Wawasan Kewarganegaraan 2 Untuk Kelas XI SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional
Syarbaini Syahrial. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi: Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia
Wahab A Azis dan Winataputra Udin S. 2005. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Winataputra Udin S. 2005. Materi Dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Article Metrics
Abstract
view : 249 times |
PDF view :
96 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bagdawansyah Alqadri, Hariyanto Hariyanto, I Nengah Agus Tripayana, Mursini Jahiban
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).
Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222
Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by
View My Stats