KEMAMPUAN GURU DALAM MEMAHAMI DAN MENYUSUN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BENTUK URAIAN PADA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT PERTAMA

Sukmawati Sukmawati(1*), Mustari Mustari(2), Bakhtiar Bakhtiar(3),

(1) SMPN 5 Mandai Kabupaten Maros
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i2.19752

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kemampuan guru dalam memahami dan menyusun soal HOTS dalam bentuk uraian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada guru IPS dan PKn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, dengan analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis hasil pelaksanaan tes untuk mengukur kemampuan guru dalam mengembangkan soal HOTS yang dilakukan pada pelaksanaan tindakan siklus pertama melalui pengisian instrumen diperoleh hasil sebagai berikut: dari 10 pertanyaan yang diajukan, satu orang yang memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi, satu orang memperoleh nilai dengan kategori sedang dan empat orang (66%) peserta memperoleh nilai dengan kategori rendah, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam memahami dan menyusun dan cara mengembangkan soal HOTS masih rendah.

Keywords


Kemampuan Guru, Memahami dan Menyusun, Soal HOTS, Bentuk Uraian

References


Anonim, 2007. Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Depdiknas Jakarta.

Anonim, 2002. Kapita Selekta Pendidikan Pancasila, bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas. Jakarta

Azyumardi Azra. 2003. Pendidikan Kewargaan. Prenada Media, Jakarta

A. Ubaedillah. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Achmad Kosasih Djahiri. 1985. Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: FPIPS IKIP Bandung.

Ahmad Jamalong, dkk. 2019. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Aim Abdul Karim, dkk. 2001. Civicus; Jurnal Ilmu Politik, Hukum, PKn. Bandung: FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Bambang Daroeso. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Budi Juliardi. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.

C.S.T. Kansil. 1984. Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka

I Wayan Koyan. 2000. Pendidikan Moral – Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Dirjen Dikti – Depdknas.

Kaelan. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kt. Diara Astawa.2006. Aku warga Negara Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD dan MI. PT. Musi Perkasa Utama. Jakarta

Mardenis. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Raka Joni, 1981. Wawasan Kependidikan. P3G Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Ratna Megawangi. 2005. Membangun SDM Indonesia Melalui Holistic Berbasis Karakter. Jakarta

Winaputra, US. 1996. Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Bandung CICED Jakarta.

Soenarjati M & Cholisin. 1989. Konsep Dasar Pendidikan Moral Pancasila. Yogyakarta: FPIPS IKIP Yogyakarta.

Suparlan Al Hakim, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Madani.

Ujang Charda S. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Winarno. 2018. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 399 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sukmawati Sukmawati, Mustari Mustari, Bakhtiar Bakhtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats