MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI (SELF EFFIKASI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BELAJEN KABUPATEN ENREKANG

Budaya Budaya(1*),

(1) SMA Muhammadiyah Belajen Kabupaten Enrekang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v12i2.10037

Abstract


Mutu pendidikan suatu bangsa merupakan konsekuensi langsung dari suatu perubahan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan. Tuntutan terhadap mutu pendidikan menjadi syarat terpenting oleh suatu bangsa untuk dapat menjawab tantangan perubahan dan perkembangan.Pendidikan merupakan salah satu proses yang mengantarkan peserta didik untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pembelajaran yang bermakna dalam menghadapi tantangan hidup. Disamping itu juga pendidikan merupakan usaha manusia dalam mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran.Salah satu model pembelajaran yangn sesuai dan tepat untuk meningkatkan kemampuan diri (Self-Efficacy) siswa dalam pembelajaran PKn adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script, yang mana model tersebut dapat memberikan ruang atau kesempatan lebih besar kepada siswa untuk dapat mengaktualisasikan dirinya saat mereka berperan sebagai pendengar dan saat mereka berperan sebagai pembicara. Disamping itu pula model Cooperative Script dapat melatih pendewasaan diri untuk meningkatkan self-efficacy siswa khususnya ketika siswa mengobservasi keberhasilan teman peernya yang sebenarnya mempunyai kemampuan yang sama dengan dirinya.

Keywords


Model, pembelajaran, koperatif, script, kemampuan diri

Full Text:

PDF

References


Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya:Pustaka Pelajar

Bruce Joyce & Marsha Weil & Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dansereau,cs. 1985. Cooperative Script

Fitrah. 2010. Skripsi(Upaya Meningkatkan Hasil Belajar FisikaMelalui Peningkatan SELF-EFFICACY Siswa dengan Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 TINAMBUNG)

John W. Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan.Jakarta:Kencana Prenada Group

Kendra Cherry(Apakah Self-Efficacy). www.google.com. (2012)

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Model Pembelajaran Cooperative Skript. www.google.com (30 Januari 2012)

Self-Efficacy, www.google.com. (9 Februari 2012)

Suharsimi Arikunto & Suharjono & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Thoifuri. 2007. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Budaya Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats