Studi Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Pada Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan

Rusmin Wajdi(1*), Jamaluddin Jamaluddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dimiliki oleh masing-masing guru pendidikan jasmani, olahrga dan kesehatan pada SMK sekabupaten Maros sudah memenuhi hampir sebagian besar kriteria muatan komponen RPP seperti yang tercantum dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 hal ini terlihat dari rata nilai persentase RPP seluruh guru adalah 89,36 % masuk dalam kategori baik. Sedangkan keterampilan melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 guru pendidikan jasmani, olahrga dan kesehatan pada SMK sekabupaten Maros secara umum masuk kategori cukup, hal ini terjadi karena hasil rata-rata persentase keterampilan seluruh guru adalah 75,92 %. Kendala yang dihadapi guru pendidikan jasmani, olahrga dan kesehatan di SMK  sekabupaten Maros dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran antara lain : (1) Guru masih kurang paham tentang kurikulum 2013, (2) Guru kurang pandai menggunakan komputer, (3) Prosedur menyusun RPP terlalu rumit dan cepat berubah. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran antara lain : (1) Kesulitan guru mengatur durasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMK yang singkat, (2) Ketersediaan sarana prasarana di sekolah yang kurang memadai, (3) Minat dan motifasi siswa mengikutu materi-materi tertentu yang agak rendah dan (4) Jumlah siswa yang kurang membuat guru kesulitan melakukan permainan olahraga.


Keywords


kurikulum 2013; Mata pelajaran; pendidikan jasmani; olahraga; kesehatan;.

Full Text:

PDF

References


Anwar Pasau. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Makassar : Badan Penerbit UNM

Andi Ihsan & Hasmyati. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Makassar : Badan Penerbit UNM

Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds..)2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Bosto:, MA (Pearson Education Group)

Bernie Trilling & Charles Fadel. 2009. 21 ST Century Skill : Learning For Life In Our Times 3. Quoting Richard Riley: Former U.S Secreormer U.S Secreormer U.S Secretary otary of Education

Billett, S. 2011. Vocational Education: Purposes, Traditions and Prospects. Springer Science & Business Media.

Bloom, B.S. and Krathwohl, D. R. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, by a committee of college and university examiners. Handbook I: Cognitive Domain. NY, NY: Longmans, Green

Budinigsih.2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Asri Maha Satya

Cole, J.E, & Washburn-Moses, L. H. 2010. Going beyond “the math wars”. A special educator’s guide to understanding and assisting with inquiry-based teaching in mathematics. Teaching Exceptional Children, 42 (4), 14-21.

Dick, W. & Carey L. 1990. The Systematic Design of Instruction. (3rd Ed). New York: Harper Collins Publisher

Endah, P. L., & Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Planning, Content, and Implementation. Fifth Edition. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA

Gunadi, G., Usman, T., & Nugraha, B. S. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,(online) 22(2), 155–162. Diambil dari (https://journal.uny.ac.id/diakses 19 pebruari 2018)

H.Jonassen, David. (2011). Designing Problem Solving Learning Environment. New York: First published by Routledge 270 Madison Avenue

Ismiyanto. (2003). Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Jatmoko, D. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan terhadap kebutuhab Dunia Industri di Kabupaten Sleman.Jurnal Pendidikan Vokasi,(online) 3(1). Diambil dari (https://journal.uny.ac.id/diakses 20 pebruari 2018)

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali

Krathwohl, D. R. 2002.A Revision of Bloom’s Taxonomy. (PDF) in Theory into Practice. V 41. #4. Autumn, 2018. Ohio State University

Kirkley, Jamine. 2003. Principles For Teaching Problem Solving. Indiana : Plato Learning, Inc

Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Maksum, Ali. 2007. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya :Universitas Negeri Surabaya

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, J. Lexy.2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musyaddad,K. 2016. Mengelola Kurikulum. Al-`Ulum, 3(0). Diambil dari (http://e-journal.iainjambi.ac.id/diakses 12 januari 2018)

Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nursalam.2003.Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas.

Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi.Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses.Jakarta: Depdikbud

Poerwati, L.E. & Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Ripley, Randall B. dan Franklin, Grace A. 1986. Policy Implementation and Bureaucracy. Chicago: The Dorsey Press

Rokim, M., & Nurhayati, F. 2016. Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Bandung : Citra Umbaran

Koesoema. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017a. Dinamika Pengembangan Kurikulum Sekolah Menegah Kejuruan.Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017b.Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menegah Kejuruan . Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017c. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Analisis Dokumen SKL, KI-KD. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017d. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Analisis Materi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017e Pedoman Pembelajaran (Penerapan Model-Model Pembelajran Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017f. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Analisis Penilaian Hasil Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017g. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017h. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Praktik Baik Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017i. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Praktik Baik Penilaian. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

. 2017j. Modul Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Kejuruan Materi Spektrum Keahlian Pendidikan Menegah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah

Sugiono. 2011. Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabet

Sani.2014.Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kuriulum 2013.Jakarta : Bumi Aksara

Tan, Oon Seng. 2004. Enhancing Thinking through Problem Based Learning Approaces. Singapore : Thomson Learning




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i2.9504

Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SPORTIVE Today's Visitors

 

Terindeks oleh:

 

 

Diterbitkan oleh:

Prodi Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Makassar

Jalan Botolangkasa, Makassar. Gedung AB PPS UNM.