MOTIVASI SISWA SEKOLAH LUAR BIASA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

Sufitriyono ono(1*), Akbar Syafruddin(2), Akbar Syafruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v8i1.62896

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi siswa sekolah luar biasa di Kota Makasar dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah 23 siswa sekolah luar biasa Kota Makassar. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 23 siswa dari sekolah luar biasa tersebut. Para siswa ini diberikan angket yang didampingi oleh guru dan orang tua untuk menilai motivasi belajar mereka. Data dianalisis melalui perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani berada pada tingkat sedang yaitu sebesar 39,1% dari motivasi belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa dalam pendidikan jasmani berada pada kategori “sedang”. Motivasi siswa dapat ditingkatkan apabila guru menyampaikan materi secara efektif dan menarik, serta memasukkan kegiatan pembelajaran dalam bentuk permainan untuk mencegah kebosanan siswa selama proses pembelajaran.


Keywords


Motivasi, Pendidikan Jasmani, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aeni, A. N., & Muhtar, T. (2017). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 1–12.

Al-Hadist, G., & Prasetiyo, A. F. (2023). Inovasi Pembelajaran Dan Teknologi Bantu Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(3), 129–134.

Alfionita, V., Pratami, F., & Anam, S. (2024). Pengaruh Implementasi Model Think Talk Write pada Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 29–37.

Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Fadlillah, M., & others. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media.

Fridayati, B. A., Lubis, M. R., Fitriatun, E., & Yusuf, R. (2022). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di sekolah dasar inklusif. Discourse of Physical Education, 1(1), 41–56.

Ghufron, M. N., & Nasir, A. (2019). Pesantren Anak Autis. Idea Press.

Inarta, G. U., & Aziz, I. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB YPPLB Kota Padang. Jurnal Patriot, 2(1), 336–344.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Kasriman, K. (2017). Motivasi masyarakat melakukan olahraga rekreasi melalui program car free day di Jakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 72–78.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12.

Mansur, H. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusif.

Mirnawati, M. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Deepublish (Grup Penerbitan Cv Budi Utama).

Munawir, M., Bilqhis, R. P., & Mahmudah, R. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kesadaran tentang Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 8(2), 1140–1148.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Nuraini, A. S., Annisa, H., Rahmayanti, I., Ayuni, L. Q., Makiyyah, N. Z. N., Aprilianti, S. N., & Mulyana, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di Jenjang Sekolah Dasar. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 80–94.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Rofisian, N. (2018). Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19–25.

Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & others. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488.

Syafruddin, M. A., & Asri, A. (2022). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Membangun SDM Di Era Revolusi Industri 4.0. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 9(2), 61–67.

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18–29.

Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1112–1119.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY