PENGARUH LATIHAN KEKUATAN MENGGUNAKAN KARET TERHADAP HASIL SHOOTING SEPAK BOLA PADA REMAJA KARANG TARUNA DESA PALEM INDAH LAMPUNG

Muhammad Faizal Hanif(1*), putri cicilia kristina(2), Sugarwanto Sugarwanto(3),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v7i1.43456

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa adakah pengaruh antara latihan kekuatan menggunakan karet terhadap hasil  shooting sepak bola pada remaja karang taruna desa Palem Indah Lampung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pre test Post test  yaitu statistik untuk menentukan pengaruh antara dua gejala, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes. Tes tendangan shooting ke gawang untuk mengukur hasil tendangan shooting dalam permainan sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang mengikuti kegiatan latihan sepak bola di karang taruna desa Palem Indah Lampung, yang berjumlah 18 orang remaja dan sampel pada penelitian ini adalah 18 orang remaja karang taruna desa Palem Indah Lampung.  Hasil analisis eksperiment diperolehu untuk nilai rata-rata tes awal (pre-test) yaitu 99 dengan standar deviasi 10,5 sedangkan untuk nilai rata-rata tes akhir (post-test) yaitu 100 dengan standar deviasi 10,8 Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang kuat antara latihan kekuatan menggunakan karet terhadap hasil tendangan shooting pada remaja karang taruna desa Palem Indah Lampung, besarnya pengaruh antara latihan kekuatan menggunakan karet terhadap hasil tendangan shooting adalah dapat dilihat dengan hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung sebesar 1,11 dan harga ttabel sebesar 1,04. Jadi thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan latihan kekuatan menggunakan karet terhadap hasil shooting sepak bola pada remaja karang taruna desa Palem Indah Lampung.

 


Keywords


kekuatan, shooting, sepak bola.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakar, Abu. (2020). Pengaruh latihan lunge terhadap keterampilan shooting sepak bola pada ssb sjs usia 16-18 tahun. Banggai: Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai. (2).1.

Bompa, Tudor. 2011. Periodization. United States: Human Kinetics.

Brondus, Willy. (2018). pengaruh latihan metode drill terhadap ketepatan shooting ke gawang pada ekstrakurikuler sepak bola di SMA ST. Paulus Nyarumkop. Pontianak : Universitas Tanjungpura Pontianak. (4).1.

Chan, Faizal. 2012. Strength Training (Latihan Kekuatan). Jambi: Strength Training (Latihan Kekuatan). (1).1.

Ismaryati. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga, Mulyono, Budhi Setiawan, Soeharto (Ed). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP). UNS, UPT Penerbitan dan Percetakan UNS Press.

Kurniawan, Feri. 2015. Buku pintar olahraga. Laskar Aksara.

Luxbacher A. Joseph. 2012. Sepak Bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Misbahuddin. (2020). Studi Kemampuan Teknik Dasar Sepakbola Pemain SSB Unibraw 82 Kota Malang Kelompok Usia 15-16 Tahun. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Pirman, Noperto. (2013). Minat siswa putra dalam mengikuti ekstrakurikuler sepak bola Smp Negeri 5 Parindu Kabupaten Sanggau. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sucipto, Eko. 2016. Pengaruh latihan beban dan kekuatan otot terhadap hypertrophy otot dan ketebalan lemak. Palembang: Universitas PGRI Palembang. (4).1.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharjana. 2017. Latihan beban : Sebuah metode latihan kekuatan. Yogyakarta: FIK UNY. (3).1.

Suherman, Bukhori. (2018). Pengaruh latihan shooting menggunakan metode drill terhadap ketepatan shooting ke gawang pada pemain tunas muda fc. Subang: Universitas Subang. (4).2.

Sujarwandi. (2011). Melatih sepak bola. Klaten Utara. PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Sukirno. 2017. Dasar-dasar atletik dan latihan fisik menujun prestasi tinggi (Palembang : unsri press).

Tangkudung, James. 2012. Kepelatihan olahraga membina prestasi olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya.

Zidane. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. Indonesia:Kata Pena.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY