UPAYA GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SIDRAP DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Irvan Irvan(1*), Suriah hanafi(2), sufitriyono sufitriyono(3), Hasbi asyhari(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v6i2.37458

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan jasmani SMP Negeri Se-Kabupaten Sidrap dalam menerapkan proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study dengan satu kali pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey sedangkan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan jasmani SMA Negeri se-Kabupaten Sidrap dalam menerapkan proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 dijabarkan dalam 8 indikator yaitu: 80% guru penjas memiliki pemahaman terhadap karakteristik anak didiknya, 83,33% guru penjas memiliki kemampuan memberikan bimbingan untuk menumbuhkan potensi dan keterampilan motorik anak didik dalam proses pembelajaran penjas, 100% guru penjas memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran penjas dimasa pandemi Covid-19, 65% guru penjas mengalami hambatan dalam menerapkan proses pembelajaran penjas dimasa pandemi Covid-19, 100%  guru penjas telah memiliki pemahaman tentang penerapan pembelajaran di rumah sesuai arahan Kemendikbud, 100% guru penjas memiliki kemampuan memanfaatkan media pembelajaran online seperti watsapp, Microsoft teams, zoom dan sebagainya, 100% guru penjas memiliki persepsi yang sama tentang proses belajar-mengajar di rumah, dan 77,78% guru penjas memahami terhadap kendala yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran penjas di rumah.

 


Keywords


Upaya, guru penjas, Pandemicovid19

Full Text:

PDF

References


Andi Ihsan, & Hasmiyati. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Peran Guru, Pendidikan Jasmani Dan Karakter Peserta Didik, 83.

Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta:PT Rineka Cipta.

Baharuddin, & Arfanda, P. E. (2020). PKM Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus saat pandemi Covid-19. LP2MUNM, 413-414.

Bambang Prasetyo, & Lina Miftahul Jannah. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, B. (2010). Metodolgi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Priyono, D. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Dr., S. M., Danang Insita Putra, P., Safriza Sofyan, S., & Dr, B. M. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. In K. D. Negeri, Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis, dan Manajemen (p. 4). Jakarta: Kementrian Dalam Negeri.

Diecoach.com. (2010). hakekat pendidikan jasmani. (http://www.diecoach.com/pdf/2009071685/Hakekat-PendidikanJasmani).

Djarwanto, PS. 1994, Pokok – Pokok Analisa Laporan Keuangan. BPFE, Cetakan

I,Yogyakarta.

Guilford, J. (1956). Fundamental Statistics In Psychogy And Education. New York: McGrw-Hill Book.

Humas, U. (2018, maret 11). Instrumen Penelitian Kuantitatif. Retrieved juli 31, 2020, from penalaran-unm.org: https://penalaran-unm.org/instrumen-penelitian-kuantitatif/

Hadjar, I. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY