STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS XII MIA SMAN 2 SOPPENG

Ilham Kamaruddin(1*), Andi Ihsan(2), Erdiansyah Erdiansyah Erdiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UNIVEERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v6i1.23233

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan mengetahui tingkat status gizi, hasil belajar penjas, dan keterkaitanstatus gizi dan hasil belajar penjas. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XII MIA SMAN 2 Soppeng dengan sampel30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik persentase dan analisis korelasi menggunakan aplikasiolah data SPSS. Hasil analisis korelasi data antara status gizi dan hasil belajar penjas pada aspek kognitif diperoleh nilai sig = 0,756 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar penjas pada aspek psikomotorik diperoleh sig = 0,978 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar penjas pada aspek afektif diperoleh sig = 0,105 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak Dengan demikian, tidak ada keterkaitan antara status gizi terhadap hasil belajar penjas siswa kelas XII MIA SMAN 2 Soppeng.


Keywords


status gizi, hasil belajar penjas

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jasmawati, dkk. 2016. Hubungan Status Gizi dengan Hasil PmbelajaranPenjasorkes Siswa Kelas v SDN 007 Pulau Birandang. Riau: Universitas Riau.

Kamaruddin, I. 2020. Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap Daya Tahan Kardiovaskuler. Journal Of Physical Education, Sport And Recreation Vol.3 No. 2, Hal:117-122: Universitas Negeri Makassar.

Kamaruddin, I. 2020. Metodologi Penelitian Dasar. Makassar: Yayasan Barcode

Muniruddin, M. 2010. Hubungan Antara Status Gizi dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V dan VI di SDN 2 Cepiring. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Prasetya, 2013. Hubungan Antara Status Gizi dengan Kemampuan Gerak Umum Siswa Putra Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Vol.1(3):547-552.

Rizki, dkk. 2017. Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas i SDN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (vol 2, pp 45-51).

Sa’adah, dkk.2014. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 GugukMalintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan.

Sukmadinata dan Nana, S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Umar, dkk. 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes di SDN 40 Sungai Lareh Kota Padang. Jurnal Menssana (vol.3,pp 66 69).


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY