Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom Pada Matakuliah Atletik Lanjutan

Jan Bobby Nesra Barus(1*),

(1) Universitas Quality Berastagi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17166

Abstract


ABSTRACT

As a result of the spread of Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) in the world which has an impact on increasing the number of victims and property losses and has implications for broad socio-economic aspects in Indonesia. Referring to the Presidential Decree the Ministry of Culture and the Republic of Indonesia (Kemendikbud RI) launched a learning program from home, then all educational institutions which included the Quality Berastagi University changed face-to-face learning with online-based learning. The current situation requires all students to adapt to the learning process, learning system changes until the Covid-19 emergency period ends. Online-based learning is a solution for learning to continue as usual during the Covid-19 emergency, one of the online-based learning media used at the University of Quality Berastagi precisely in the Sports Education Study Program is google classroom. The purpose of this study was to determine the level of student motivation using the google classroom learning media in advanced athletics courses. Data collection techniques using test results and student learning motivation questionnaire. The population in this study were all students of the Sport Education Study Program FKIP Berastagi Quality University who took advanced athletics courses, then the sample used total sampling which meant that all students would be sampled as many as 21 students. The results showed that the level of student motivation to use google classroom at the  Berastagi Quality University included in the high category (76,19%).

 

ABSTRAK

Akibat penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di dunia yang telah berdampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia. Merujuk kepada Keppres tersebut Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mencanangkan program belajar dari rumah, maka semua institusi pendidikan yang didalamnya termasuk Universitas Quality Berastagi merubah pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Situasi saat ini mengharuskan semua mahasiswa untuk beradaptasi mengikuti proses pembelajaran, perubahan sistem pembelajaran sampai masa darurat Covid-19 berakhir. Pembelajaran berbasis online merupakan sebuah solusi agar pembelajaran tetap berjalan seperti biasa selama masa darurat Covid-19, salah satu media pembelajaran berbasis online yang digunakan pada Universitas Quality Berastagi tepatnya pada Program Studi Pendidikan Olahraga adalah google classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa menggunakan media pembelajaran google classroom pada matakuliah atletik lanjutan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket motivasi belajar mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas Quality Berastagi yang mengambil matakuliah atletik lanjutan, kemudian sampel mengunakan total sampling yang artinya seluruh mahasiswa akan dijadikan sampel penelitian sebanyak 21 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan google classroom di Universitas Quality Berastagi termasuk dalam kategori tinggi (76,19%).

Full Text:

PDF

References


Abeysekera, L. and Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research, Higher Education Research and Development. doi: 10.1080/07294360.2014.934336.

Adiat, K. A. N., Nawawi, M. N. M. Abdullah, K. (2012). Assessing the accuracy of GIS-based elementary multi criteria decision analysis as a spatial prediction tool - A case of predicting potential zones of sustainable groundwater resources’, Journal of Hydrology. doi: 10.1016/j.jhydrol.2012.03.028.

Andriani, R. Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

Dai, D. Y. Sternberg, R. J. (2004) Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual development and functioning, Motivation, Emotion, and Cognition: Integrative Perspectives on Intellectual Functioning and Development. doi: 10.4324/9781410610515.

Dimyati, A. (2017). Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang’, Journal Sport Area. doi: 10.25299/sportarea.2017.vol2(2).1031

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom’, Jurnal Inovasi Matematika. doi: 10.35438/inomatika.v1i2.156.

Hasniwati, H. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Di Sd Negeri 010 Talontam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). doi: 10.33578/pjr.v3i2.7015.

Ilyas, A., Wijaya, M. Danial, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 18 Bone (Studi Pada Materi Pokok Koloid. Chemistry Education Review (CER). doi: 10.26858/cer.v2i2.8721.

Khoiroh, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. doi: 10.21831/jpipfip.v10i2.13986.

Mózo, B. S. (2017). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut’, Journal of Chemical Information and Modeling. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Nirfayanti, N. Nurbaeti, N. (2019) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal. doi: https://doi.org/10.30605/2615-7667.211.

Paramitha, S. T. Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. doi: 10.17509/jpjo.v3i1.10612.

Ruslan (2011). Meningkatkan Kondisi Fisik Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Provinsi Kalimantan Timur. Ilara.

Santosa, D. T. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Sepeda Motor’, Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif.

Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017’, Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam. doi: 10.30596/intiqad.v9i1.1081.

Sudibyo, B. (2009). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Permendiknas.

Suhada, I. et al. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19, Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.

Sunnah, Buwono, S. Uliyanti, E. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi). doi: 10.24127/ja.v3i1.144.

Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Personnel Review.

Yuliasari, A. (2013). Peran Dominan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Siswa Putri Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal (Studi pada SMA Dr. Soetomo Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.


Article Metrics

Abstract view : 329 times | PDF view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPORTIVE IS LICENSED BY :

 Creative Commons License SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222


SPORTIVE IS INDEXED BY