POLA PERILAKU ETNIS TIONGHOA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS DI SMA KATOLIK CENDRAWASIH
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.8774
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola perilaku peserta didik etnis Tionghoa dalam membangun solidaritas di sekolah, 2) Upaya yang dilakukan pihak sekolah atau guru dalam membangkitkan rasa solidaritas etnis Tionghoa di Sekolah. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik sampling purposive dengan kriteria yaitu siswa Tionghoa dan Guru yang mengajarkan tentang solidaritas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitumember check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola perilaku peserta didik etnis Tionghoa dalam membangun solidaritas di sekolah memiliki kesamaan dengan peserta didik pada umumnya yaitu (a) ramah (b) Toleransi (c) membangun kerjasama, (d) tidak melakukan diskriminasi (e) mengikuti kegiatan ekstrakurikuler 2) Upaya yang dilakukan pihak sekolah atau guru dalam membangkitkan rasa solidaritas etnis Tionghoa di sekolah yaitu: (a) memberikan contoh nyata, (b) menerapkan metode pembelajaran kerja kelompok, (c) melakukan pendekatan emosional.
Kata kunci: Pola Perilaku, Etnis Tionghoa, Solidaritas
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 187 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.