POLA INTERAKSI SATU ARAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3149
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola interaksi satu arah dalam proses pembelajaran, 2) Faktor penyebab guru menggunakan motode ceramah, 3) Upaya meningkatkan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yang digunakan yaitu guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu Member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pola interaksi satu arah menunjukkan bahwa guru memiliki peran yaitu : a.) sebagai fasilitator dilihat dari guru menentukan metode yang akan digunakan, b) sebagai organisator atau pengelola pembelajaran, yaitu guru menyiapkan konsep pembelajaran berupa RPP dan menyiapkan kelas yang kondusif sebelum memulai pembelajaran, c) sebagai pembawa cerita yaitu cara guru menarik perhatian siswa dengan memberikan cerita pendek berkaitan dengan materi pembelajaran. 2) faktor penyebab guru menggunakan metode ceramah yaitu : a) sumber pelajaran disekolah masih kurang, b) fasilitas pembelajaran yang kurang memadai, c) perbedaan peserta didik, d) kebiasaan guru. 3) Upaya meningkatkan komunikasi dalam pembelajaran yaitu : a) melalui penggunaan metode tanya jawab, b) melalui kerja sama kelompok, c) menciptakan suasana kelas yang kondusif dan, d) melalui persaingan atau kompetisi.
Kata kunci : pola interaksi satu arah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 4951 times | PDF view : 549 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.