PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG MENYENANGKAN DI SMA NEGERI 3 TAKALAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i1.14435
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran kepala sekolah dan guru dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar dan 2) Kendala yang dihadapi dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 11 orang yang ditentukan dengan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan trigulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah dan guru dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar adalah; 1) Peran kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar yaitu dengan menjadi pengelola aktivitas PBM di sekolah (manajer), mengelola kurikulum yang diterapkan (administrator), mengamati dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kunjungan kelas (supervisor), memimpin semua aktivitas di sekolah (leader), pembaharu dalam proses pembelajaran di sekolah (innovator), dan mendorong tenaga pendidikan di sekolah untuk bekerja sesuai dengan fungsinya (motivator). Adapun peran guru yaitu sebagai pengajar di dalam kelas, menjadi sosok panutan dalam sikap dan kepribadian (pendidik) dan sebagai pengasah keterampilan dari hasil proses pembelajaran (melatih). 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar yaitu komunikasi yang kurang terjalin baik dengan guru dan fungsi pengawasan yang berjalan kurang maksimal. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru yaitu masih minimnya fasilitas yang dapat menunjang proses belajar mengajar di kelas serta masih kurangnya kompetensi guru dalam melaksanakan PBM.Keywords
Kepala Sekolah; sekolah menyenangkan
Article Metrics
Abstract view : 278 times | PDF view : 14 times PDF view : 36 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.