STRATEGI SISWA KURANG MAMPU DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SMA NEGERI 1 BUNGORO KABUPATEN PANGKEP
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11804
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten pangkep. 2) Apa saja kendala-kendala yang di hadapi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa kurang mampu dan berprestasi. Teknik pengumpulan data yang di lakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sebanyak 15 orang. Teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa startegi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep yaitu 1) Rajin bertanya kepada guru terhadap materi yang kurang di pahami, 2) Mengerjakan pekerjaan rumah yang telah di berikan oleh guru di sekolah, 3) Banyak membaca buku agar dapat menambah dan memperluas wawasan, 4) Mengulang kembali pelajaran setelah pulang sekolah agar tidak mudah melupakan pelajaran, 5) Belajar kelompok dengan mengerjakan tugas dan soal bersama, 6) perencanaan belajar yang baik, seperti dengan menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis sebelum berangkat sekolah dan belajar. Adapun kendala yang dihadapi siswa kurang mampu dalam mempertahankan prestasi di SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep yaitu; 1) Rasa malas yang kerap datang 2) banyak tugas dari sekolah, 3) pengaruh teman sebaya, dimana teman sebaya yang kebanyakan tidak sekolah dan malas belajar yang sering mengajak untuk bermain dan jalan-jalan, 4) Kurangnya alat belajar yang menunjang seperti laptop dan buku pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 72 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.