Manajemen Krisis PT Visicita Imaji Semesta dalam Mempertahankan Kerjasama Sponsorship Festival Musik Flavs Unity 2023

Iasha Aulia Putri(1*), Menati Fajar Rizki(2), Anggun Nadia Fatimah(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v4i1.63521

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dan hambatan yang PT Visicita Imaji Semesta alami, serta mengetahui proses manajemen krisis yang dilakukan perusahaan dalam menanggapi krisis melalui identifikasi, analisis, isolasi, pemilihan strategi, dan program pengendalian. Proses tersebut dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada hingga mengembalikan keadaan menjadi normal kembali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan Account Executive, Project Manager, dan Activation Project Manager. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempertahankan kerjasama sponsorship dengan Blue Bird, manajemen PT Visicita Imaji Semesta menerapkan strategi adaptif sesuai dengan teori manajemen krisis. Strategi ini dilakukan melalui kompromi dan negosiasi dengan pihak Blue Bird, dengan melakukan perubahan konsep dan menawarkan benefit baru, sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh keuntungan yang seimbang dan terjalin hubungan baik kembali. Upaya ini juga bertujuan untuk mempertahankan citra perusahaan yang baik di mata sponsor. Dalam program pengendalian, perusahaan menjadikan krisis tersebut menjadi sebuah pelajaran untuk melakukan analisis mendalam sebelum festival musik diselenggarakan, dan mempunyai antisipasi jika krisis serupa terjadi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. I. (2020). Manajemen Krisis: Kepemimpinan Dalam Menghadapi Situasi Krisis Covid-19. Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 223. https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.448

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Chusnaini, A. C., & Rasyid, R. A. (2023). Effect Of Sponsorship Suitability On Music Festival Events. Accounting and Management Journal, 7(1), 51–56. https://doi.org/10.33086/amj.v7i1.4088

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage.

Dadman, E., & Madani, S. M. S. (2021). Investigate the concept of Festival and Celebration among Cultural and Historical Building. The Indonesian Journal of Social Studies, 4(2). https://doi.org/10.26740/ijss.v4n2.p%p

Dewi, M., & Runyke, M. (2016). Peran Public Relations dalam Manajemen Event(Studi Terhadap Peran Public Relations Galeria Mall dan Plaza Ambarrukmo dalam Pengelolaan Event Tahun 2013). Jurnal Komunikasi, 8(1).

Imaduddin, W., & Amalia, D. (2023). MANAJEMEN KRISIS PT VIDIO DOT COM PADA TAYANGAN PIALA DUNIA 2022 QATAR. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), Article 10.

Irabella, L., & Chatamallah, M. (2021). Manajemen Krisis Public Relations PT. X Kota Pekanbaru pada Pengunduran Haji dan Umrah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 130–135. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.420

Iriantara, Y. (2004). Manajemen Strategi Public Relations. Ghalia.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2. ed., [Nachdr.]). Sage.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Oakes, S. (2003). Demographic and Sponsorship Considerations for Jazz and Classical Music Festivals. The Service Industries Journal, 23(3), 165–178.

Parlindungan, D. R., & Rengkuan, K. J. (2022). Manajemen Krisis Manajemen Krisis Public Relations PT Jakarta Propertindo dalam Menangani Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta. KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 9(2), 21–26. https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v9i2.364

Sari, W. P., & Soegiarto, A. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.022.03

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN : Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula (4 ed.). UGM Press.

Trisnawati, A., & Syarah, M. M. (2017). Strategi Humas Politeknik Negeri Jakarta Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1), 487611.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.