Gadget dan Anak: Mengukur Dampaknya Terhadap Tumbuh Kembang Peserta Didik

Nurkhalisa Ramdana(1*), Usman Usman(2), Sitti Nurhidayah Ilyas(3), Rahayu Rahayu(4), Ahmad Razak(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Sawerigading Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v4i1.62338

Abstract


Abstrak. Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan gadget pada perkembangan bahasa, kognitif, motorik, dan moral anak. Penelitian ini menggunakan metode review literatur untuk penelitian karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berlebihan dapat berdampak negative pada perkembangan bahasa dan sosial anak. Anak-anak menjadi lebih fokus pada gadget, mengakibatkan penurunan konsentrasi belajar, kurangnya minat dalam menulis dan membaca, dan gangguan perkembangan kognitif. Selain itu penggunaan gadget juga dapat membatasi aktivitas fisik anak, menghambat perkembangan motorik mereka. Konten yang tidak layak pada gadget juga dapat mempengaruhi perkembangan moral anak oleh karena itu, penting bagi orangtua dan pendidik untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip teori determinasi diri (SDT) dalam mendampingi anak dalam penggunaan gadget.

 

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perkembangan Anak, Orangtua dan Pendidik


Full Text:

PDF

References


Anggraeni R. A., Shari D. (2021). Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood:Jurnal Pendidikan, Vol.5 No.1.

Damayanti E., Ahmad A., Bara A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak di Sorowako. Martabat:Jurnal Perempuan dan Anak, Vol.4 No.1, 1-22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Hakim R. A., Zohrani, Yazid M., Kudsiah M., Alwi M. (2021). Jurnal DIDIKA:Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.7 No.1, 149-162.

Harsela F., Qalbi Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, Vol.1 No.1, 27-39. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162

Hudaya A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik.

Khaironi M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, Vol.3 No.1, 1-12.

Musdalifa H. D., Lahmi A., Rahmi. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Pulau Mainan Dharmasraya. Jurnal Eduscience (JES), Vol.9 No.2, 350-367.

Paremeswara C. M., Lestari T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.5 No.1, 1473-1481. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1122

Pebriana P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1 No.1, 1-11.

Rahayu, Sukardi Weda, et al. (2023). Merdeka Belajar dan Teori Determinasi Diri.

Nganjuk: Dewa Publishing

Rahayu, R.. Sahril, S.. Mardiani, M., & Nur, M. (2022). Self-determination theory in teaching practice for higher education level. EnJourMe (English Journal of Merdeka): Culture, Language, and Teaching of English, 7(1), 102-110.

Rachman R. U. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Sumenep. http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1417

Research and Development Journal Of Education, Vol.4 No.2, 86-97.

Subarkah A. M. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr, Vol. 15 No.1, 125-144.

Syahyudin D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa.

Ulya, H., & Saridewi, S. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di Ujung Gading Jalan JawaJorong Brastagi Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.6 No.2, 12730–12737. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3981

Wulandari D., Lestari T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.5 No.1, 1689-1659.

Wulandari, Dwi, Hermiati D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, Vol.3 No.1, 382- 392.

Wulandari, Herni, M. S. Budiarti. (2019). Proses Parental Mediation terhadap Anak Usia Prasekolah dalam Menggunakan Gadget, Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol.2 No.2, 232-244.

Yulsyofriend, Anggraini V., Yeni I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 1, 67-80.

Yulsyofriend, Anggraini V., Yeni I. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini . Vol.3 No.1 8-67

Yusuf M., Juniarti. (2018). Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Junal Tunas Cendekia, Vol. 1 No.1, 31-38.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.