Faktor Yang Mendorong Kualitas Kesantunan Berbahasa Bugis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Sitti Aisya(1*), Andi Fatimah Yunus(2), Andi Agussalim AJ.(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43684

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong kualitas kesantunan berbahasa bugis dalam pembelajaran siswa kelas VIII SMPN 2 Donri-donri. Jenis dan desain penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa ucapan yang berupa kata, frasa, kalimat yang disampaikan oleh siswa dalam proses pembelajaran bahasa daerah di SMP Negeri 2 Donri-donri. Data tersebut dapat diperoleh didalam diskusi, interaksi dan komunikasi antar siswa ke siswa. Hasil penelitian yang dilakukan berkaitan dengan Faktor-faktor yang mendorong kualitas kesantunan berbahasa yaitu hubungan kekerabatan dengan mitra tutur, kurangnya rasa homat terhadap lawan tutur, faktor kesengajaan, faktor kebiasaan siswa.

 

Kata Kunci : Kesantunan, Berbahasa, Faktor-faktor


Full Text:

PDF

References


Almunawar. (2018). Kesantunan Berbahasa Di Kalangan Remaja Di Desa Pekalobean Kecematan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ayu Wulandari, Dian Eka Chandra, M. S. S. (2017). Analisis kesantunan berbahasa pada kegiatan pembelajaran kelas VIII E SMPN 2 KOTA BENGKULU TAHUN AJAAN 2016/2017.

Khotimah, K., & Hidayat, N. (2021). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Santun Berbahasa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Maliza, D. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII SMP NEGERI 01 Bengkulu Utara. 16.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.