Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Anggreni Anggreni(1*), Muhammad Rapi(2), Muhammad Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43681

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi menggunakan media puzzle pada siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 1 Liliriaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis teks narasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII A SMPN 1 Liliriaja meningkat dengan menggunakan media puzzle. peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai rata-rata keterampilan menulis teks narasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 51,38 pada prasiklus menjadi 53,84 pada siklus I dan 71,84 pada siklus II.

 

Kata kunci: kemampuan menulis teks narasi, media puzzle.


Full Text:

XML

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Fausia, F. (2019). Kesalahan Penggunaan Preposisi pada Teks Narasi Siswa Kelas XI MIA MA DDI Pattojo Kabupaten Soppeng. Universitas Negeri Makassar.

Hasan, M., & dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. CV. Tahta Media Group.

Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan Media Puzzle Konstruksi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (Ijies), 1(1), 61–88.

Lesdiniati, L. (2019). Kemampuan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Media Visual Siswa Kelas VII SMPN 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kemampuan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Media Visual Siswa Kelas VII SMPN 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020.

Mulyati. (2015). Terampil Berbahasa Indonesia. Kencana.

Munirah. (2019). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. CV. Budi Utama.

Nuha, J., Hermansyah, H., Mujahidah, N., Yusriadi, Y., & Shobikah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Puzzle pada Siswa Kelas IV MIN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Kartini, 1(1), 4–13.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.

Nuryeni. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Bermuatan Budaya melalui Discovery Learning Berbantuan Puzzle pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 18 Semarang.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenanda Media Group.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | XML view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.