Kekerabatan Budaya dalam Antologi Cerpen Bertarung dalam Sarung Dan Kisah-Kisah Lainnya Karya Alfian Dippahatang: Tinjauan Antropologi Sastra

Sri Harmitasari(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Faisal Faisal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v2i1.37006

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktural cerita dalam cerpen serta menemukan adanya relasi budaya yang terdapat dalam antologi cerpen yang dijadikan sebagai sumber data yang dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh berdasarkan pada teori yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan empat uraian dalam analisis strukturalisme Levi-Strauss yaitu pada tataran geografis menunjukkan penggambaran daerah dalam cerpen yang dilekatkan dengan etnis dan keadaan masyarakat pada masing-masing cerpen. Tataran techno-economic menunjukkan penggambaran ekonomi para tokoh dipengaruhi latar waktu dan tempat pada masing-masing cerpen sehingga mempengaruhi sikap tokoh dalam menjalankan kehidupan. Tataran sosiologis menunjukkan hubungan masyarakat pada masing-masing cerpen yang digambarkan memiliki solidaritas tinggi dalam masyarakatnya. Tataran kosmologis menunjukkan ritual kepercayaan masyarakat yang dilekatkan sebagai ciri khas masyarakat suatu daerah pada masing-masing cerpen. Sehingga berdasarkan analisis tersebut ditemukan relasi budaya antar etnis pada mata pencaharian dan hubungan masyarakat yang terjalin dalam antologi cerpen Bertarung dalam Sarung dan Kisah-Kisah Lainnya Karya Alfian Dippahatang.

 

Keywords: Antropologi Sastra, Strukturalisme Levi-Strauss, Relasi Budaya


Full Text:

PDF

References


Afiyanto, H., & Nurullita, H. (2018). Analisis Strukturalisme Lévi-Strauss dalam Cerita Rakyat Tundung Mediyun: Sebagai Alternatif Baru Sumber Sejarah. Jurnal Candrasangkala, 4(2), 81–93.

Ahimsa, Heddy Shri. 2001. Strukturalisme Lévi-Strauss Mitos Dan Karya Sastra. Yogyakarta: Galangl Press.

Dippahatang, Alfian. 2019. Bertarung dalam Sarung dan Kisah-Kisah lainnya. Jakarta: PT Gramedia.

Endaswara, Suwardi. 2015. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Menoh, G. A. B. (2013). Memahami Antropologi Struktural Claude Levi-Strauss. Cakrawala, 2(1), 353–370.

Nuruddin, & Nahar, N. (2022). Nilai-Nilai Budaya Upacara Mappacci Dalam Proses Pernikahan Adat Suku Bugis di Desa Labuahan Aji Kecamatan Trano Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 1372–1379.

Ratna, Nyoman Kutha. 2017. Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Saidah, S. (2019). The Myth of Sandekala in Novel Senjakala by Risa Saraswati Based on Lévi-Strauss’ Structuralism Approach. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 209–218.

Saludung, J., Nahriana, & Suryana, S. (2021). Pengembangan dan penerapan resep makanan tradisional empat etnis pada upacara adat dan wisata kuliner nusantara di Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19, 1433–1450.

Santi, J., Dewi, R., & Nugroho, A. (2022). Kajian Psikologi Tokoh Utama Kumpulan Cerpen Bertarung Dalam Sarung Karya Alfian Dippahatang Melalui Pendekatan Moral. Linggau Jurnal Of Elementary School Education, 2(1), 15–22.

Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 1–12.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.