Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Produksi Semangka di Desa Mangkoso Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru

Ayu Hardianti Dinda(1*), Marhawati Marhawati(2), Mustari Mustari(3), Tuti Supatminingsih(4), Rahmatullah Rahmatullah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i1.19414

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi produksi Semangka di Desa Mangkoso Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 38 orang. Jumlah populasi petani semangka sebanyak 385 orang. Penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah fungsi produksi Cobb Douglass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F luas lahan, Benih, Pupuk, Pestisida dan Tenaga Kerja berpengaruh secara simultan, uji t menunjukkan secara parsial variabel yang berpengaruh positif dan signifikan yakni luas lahan, benih dan pestisida, variabel yang berpengaruh dan tidak signifikan yakni pupuk dan tenaga kerja.

 

Kata Kunci: Cobb Douglas, Produksi, Semangka.


Full Text:

PDF

References


Husodo, S. Y. (2004). Pertanian Mandiri. Jakarta: Penebar Swadaya.

Marhawati. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Produksi Ikan Bandeng Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jekpend Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Juli 2018. Hal. 50-57

Mardikanto, T. (1993). Penyuluhan Pembangunan Pertanian. UNS Press.Surakarta

Notodimedjo, Soewarno. (1997). Strategi Pengembangan Hortikultura Khususnya Buah-Buahan Dalam Menyongsong Era Pasar Bebas. Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Ilmu Holtikultura, Fak. Pertanian Unibraw, Malang. 74 pp Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.

Reni Ismawati, dkk. (2013). Analisis Faktor Produksi Terhadap Produksi Semangka di kecamatan Tampan kota Pekanaru. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian, Riau: Universitas Riau.

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Wihardjo, S. (1993). Bertanam Semangka. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.