Penguatan Kompetensi Guru-Guru Smak Makassar Dengan Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Artikel Ilmiah

Jusniar Jusniar(1*), Alimin Alimin(2), Army Auliah(3), Munawwarah Munawwarah(4), Sakinah Zubair(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i1.45829

Abstract


Komptensi guru-guru dalam menulis artikel ilmiah berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masih perlu perhatian. Hal ini diisyaratkan dari besarnya persentase guru yang mandek karier kepangkatannya dengan persyaratan PTK. Jurusan Kimia sebagai Mitra Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) merasa perlu mengambil bagian dalam mengatasi permasalahan mitra salah satunya dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan penyusunan PTK dan artikel ilmiah. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan PTK dan artikel ilmiah dengan waktu delapan pekan. Kegiatan Pelatihan diawali dengan pemaparan secara teoritik dan praktek; kemudian masing-masing guru mengidentifikasi permasalahan spesifik di kelasnya untuk kemudian menyusun rancangan PTKnya sebagai produk. Proses selanjutnya adalah pendampingan penyusunan proposal dan artikel ilmiah. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 30 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan guru-guru yang mengerti dan memahami cara menyusun PTK dan artikel ilmiah. Kegiatan ini sangat dibutuhkan

Keywords


Kompetensi; PTK;Artikel Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st century learning definitions. https://bit.ly/3i9iQDK

Hamzah. (2011). Model PembalajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Penerbit Referensi.

Muhammad Yaumi. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. jakarta: Penerbit Kencana

Pardjono. (2013). Landasan Filosifis Teoritis Penelitian Tindakan dan Aplikasinya. Bandung. Alfabeta.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED519462.pdf

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Retno listyarti. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif,Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Penerbit esensi.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jusniar Jusniar, Alimin Alimin, Munawwarah Munawwarah, Sakinah Zubair

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: