Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran dengan Pendekatan CTL Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPA

Nasrah Nasrah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57072

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui hasil need assessment model pembelajaran dengan pendekatn CTL bebasis Flipped Classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA. Sampel digunkan yakni 4 dosen dan 91 mahasiswa Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan angket. Data dianalisi dengan teknik triangulasi yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahawa (1) kemapuan pemahaman konsep IPA mahasiswa masih rendah, (2)  Dosen dan mahasiswa masih memerlukan model pembelajaran yang kontekstual berbasis Flipped Classroom.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrah Nasrah