Partisipasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Flipped Classroom

Faisal Faisal(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57071

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng pada materi sistem koordinasi manusia. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dalam bentuk essay sebanyak 10 butir soal dan lembar observasi partisipasi siswa. Data yang terkumpul di analisis secara statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS 24 (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata post-test pada kelas XI IPA 5 yaitu 86,13. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa dengan persentase 96,7% berada pada kategori tuntas, dan 3,3% berada pada kategori tidak tuntas. Adapun rata-rata partisipasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran pada kelas online (google classroom) yaitu sebesar 86% dengan kategori sangat aktif, dan partisipasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran di kelas yaitu sebesar 63% dengan kategori aktif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan partisipasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantaeng pada materi sistem koordinasi manusia.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faisal Faisal