Keterampilan Psikomotorik dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Kelas VIII SMP pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(1) Universitas Patompo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57068
Abstract
Kompetensi peserta didik dalam laboratorium tidak sama dengan kemampuan kognitifnya dalam mengerjakan soal tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara keterampilan psikomotorik dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata pada materi pertumbuhan dan perkembangbiakan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilasanakan di SMP Kristen Kondo Sapata Makassar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata Makassar dengan jumlah sebanyak 20 orang peserta didik, dengan menggunakan bentuk paradigma sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data statistik deskriptif, analisis keseluruhan keterampilan psikomotorik yang dilakukan oleh peserta didik, rata-rata mendapatkan nilai 3,25. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Rata-rata nilai kognitif peserta didik sebesar 82,75, dikategorikan sangat baik.Pengujian hipotesis digunakan uji korelasi Pearson, dengan nilai signifikansi yaitu 0,045. dan nilai Pearson Correlation 0,454. Kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat korelasi positif antara keterampilan psikomotorik denganhasil belajar kognitif peserta didik dengan derajat hubungan korelasi sedang.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 30 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rezeki Amaliah