Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57067
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat skorketerampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan skor keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 343 peserta didik, sampel dipilih secara purposive sampling dengan 2 kelas yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 peserta didik dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 peserta didik. Pengumpulan data dengan dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Tingkat keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 13,00 dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 10,53. 2) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,51 dan model konvensional dengan skor rata-rata N-Gain 0,29 berada kategori rendah. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dengan hasil pengujian hipotesis, dimana thitung= 3,16 > ttabel=1,67.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 68 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hasmi Hasmi