Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar

Hasmi Hasmi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57067

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat skorketerampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan skor keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 343 peserta didik, sampel dipilih secara purposive sampling dengan 2 kelas yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 peserta didik dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 peserta didik. Pengumpulan data dengan dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis  menunjukkan bahwa 1) Tingkat keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 13,00 dan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 10,53. 2) Peningkatan  keterampilan proses sains peserta didik  setelah diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,51 dan model konvensional dengan skor rata-rata N-Gain 0,29 berada kategori rendah. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dengan hasil pengujian hipotesis, dimana thitung= 3,16 > ttabel=1,67.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasmi Hasmi