Dukungan Keluarga Dan Efikasi Diri Mempengaruhi Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 24 Bone

Hasmatang Hasmatang(1*),

(1) Universitas Sipatokkong Mambo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57066

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 24 Bone sebanyak 94 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 62 orang, diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari tahun ajaran 2019/2020. Data dukungan keluargan dan efikasi diri dikumpulkan menggunakan angket dan data hasil belajar biologi diperoleh dari tes hasil belajar biologi berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui dukungan keluarga,efikasi diri dan hasil belajar biologi peserta didik, serta statistik inferensial yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov test, uji linieritas menggunakan analisis ANOVA Table, dan uji korelasi sederhana menggunakan Pearson Product Moment dan  uji regresi untuk mengetahui hubungan dan kontribusi variabel dukungan keluarga dan efikasi diri dengan  hasil belajar biologi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dominan peserta didik memiliki dukungan keluarga kategori sedang dengan persentase 33,87%, (2) dominan peserta didik memiliki efikasi diri kategori sedang dengan persentase 35,48%, (3) dominan peserta didik memiliki hasil belajar biologi kategori sangat tinggi dengan persentase 35,48%, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang rendah, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang rendah, (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan efikasi diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang sedang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasmatang Hasmatang