Desain Pembelajaran Kombinasi Flipped-STEAM pada mata kuliah keanekaragaman makhluk hidup
(1) Institut Agama Islam Negeri Sorong
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57060
Abstract
Penelitian ini bertujuan medesain pembelajaran dengan kombinasi Flipped-STEAM pada mata kuliah keanekaragaman makhluk hidup. Model Pengembangan desain yang digunakan adalah Model ADDIE dengan, pengembangan desain filipped menggunkan pedoman kerangka kerja sesuai dengan filosofi Flipped learning yang dikemukakan Talbert (2017) yakni dengan nengkasifikasikan daftar tujuan sesuai urutan kompleksitas kognitif, merancang dan membangun aktifitas pembelajaran mandiri dan aktifitas pembelajaran kolaboratif dengan STEAM. Kombinasi desain flipped STEAM menghasilkan perangkat pembelajaran berupa panduan pelaksanaan Flipped-STEAM serta rencana Perkuliahan Semester dengan model pembelajaran Flipped-STEAM mata keanekaragaman makhluk hidup yang valid dan praktis.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 108 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arini Rahmadana