Desain Pembelajaran Kombinasi Flipped-STEAM pada mata kuliah keanekaragaman makhluk hidup

Arini Rahmadana(1*),

(1) Institut Agama Islam Negeri Sorong
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57060

Abstract


Penelitian ini bertujuan medesain pembelajaran dengan kombinasi Flipped-STEAM pada mata kuliah keanekaragaman makhluk hidup. Model Pengembangan desain yang digunakan adalah Model ADDIE dengan, pengembangan desain filipped menggunkan pedoman kerangka kerja sesuai dengan filosofi Flipped learning yang dikemukakan Talbert (2017) yakni dengan nengkasifikasikan daftar tujuan sesuai urutan kompleksitas kognitif, merancang dan membangun aktifitas pembelajaran mandiri dan aktifitas pembelajaran kolaboratif dengan STEAM. Kombinasi desain flipped STEAM menghasilkan perangkat pembelajaran berupa panduan pelaksanaan Flipped-STEAM serta rencana Perkuliahan Semester dengan model pembelajaran Flipped-STEAM mata keanekaragaman makhluk hidup yang valid dan praktis.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arini Rahmadana