Kajian Literatur: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Praktikum

Nurfitra Yanto(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.57024

Abstract


Sistem pembelajaran di Indonesia saat ini mengharuskan siswa agar dapat aktif agar mendorong kemampuan diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran IPA pada hakekatnya yakni mengembangkan keterampilan proses IPA, sehingga keterampilan dasar seperti melakukan observasi, merumuskan masalah dan hipotesis, merancang dan melaksanakan percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran IPA. Dalam kegiatan pembelajaran IPA, praktikum adalah kegiatan yang bertujuan untuk membekali siswa agar lebih dapat memahami teori dan praktik. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan mengangkat tema Pembelajaran berbasis praktikum dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai hasil keterampilan yang didapatkan peserta didik pada metode pembelajaran praktikum dalam pembelajaran IPA bagi peserta didik. Semua artikel yang memiliki tema yang relevan kemudian dikumpulkan, lalu di pilah sesuai kriteria yang dikaji. Artikel yang terpilih disebut sebagai data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum menghasilkan pembelajaran inovatif dimana pembelajaran yang terfokus pada keaktifan peserta didik serta dapat membantu peserta didik untuk menguasai keterampilan proses sains, yaitu keterampilan seperti keterampilan kognitif, keterampilan afektif, serta keterampilan psikomotorik peserta didik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfitra Yanto