Analisis Critical Thinking Mahasiswa Melalui Questioning Skill pada Science reflective Journal Studi Materi Suhu dan Kalor

Nurfitra Yanto(1*), Dian Anggraeni Anggraeni(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.56245

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memberikan deskripsi tentang kemampuan berpikir kritis berdasarkan pertanyaan yang diajukan mahasiswa melalui science reflective journal pada materi suhu dan kalor. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa sebanyak 28 orang. Instrumen penelitian yang dipakai berupa lembar observasi keterampilan bertanya mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi kemampuan bertanya mahasiswa. Keterampilan bertanya yang diukur pada penelitian ini, yaitu kualitas pertanyaan yang diajukan. Kualitas pertanyaan dilihat dari jenis pertanyaan yang diajukan mahasiswa berdasarkan klasifikasi taksonomi Bloom revisi. Hasil penelitian yaitu pertanyaan mahasiswa secara keseluruhan muncul disetiap proses kognitif kecuali mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Ditinjau berdasarkan hasil pertanyaan masih menunjukkan bahwa pertanyaan yang dominan diajukan oleh mahasisw adalah ranah proses kognitif memahami (C2). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas reguler angkatan 2023 prodi pendidikan IPA UNM  tergolong rendah. Kemampuan bertanya mahasiswa prodi pendidikan IPA UNM kelas reguler angkatan 2022 masih tergolong kurang memuaskan dan perlu adanya usaha yang optimal untuk mengembangkannya.


Keywords


Critical Thinking, Questioning Skill, Science Reflective Journal

Full Text:

PDF

References


Chin, C. (2004). Students' questions: fostering a culture of inquisitiveness in science classrooms. School science review, 86(314), 107-112.

Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan bertanya guru IPA dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Hofstein, A., Navon, O., Kipnis, M., & Mamlok‐Naaman, R. (2005). Developing students' ability to ask more and better questions resulting from inquiry‐type chemistry laboratories. Journal of research in science teaching, 42(7), 791-806.

Lai, E. (2011). Critical Thinking. A Literature review. Research Report. Retrieved from http://www.personassessments.com/

Mahanal, S., Pujiningrum, S.E., dan Suyatno. (2007). Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, 5 (1)

Pratiwi,,D,I.,Kamilasari,N,W.,Nuri,D., Supeno.(2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269 - 274

Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Kemampuan bertanya siswa kelas X SMA swasta Kota Batu pada pelajaran Biologi. ,Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 11-15.

Smith, V. G., & Szymanski, A. (2013). Critical thinking: More than test scores. International Journal of Educational Leadership Preparation, 8(2), 16-25.

Sutpriatna,I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di SDN 60 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2(2).

Sugiyanto, R.(2009). Penerapan Metode Bertanya dalam Kegiatan Praktek Lapangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Geografi, 6 (2): 80-90

Widodo, A., Sumiati, Y., & Setiawati, C. (2006). Peningkatan kemampuan siswa SD untuk mengajukan pertanyaan produktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-12

Yanuarta,L., Gofur,A., Indriwati,S,I. (2016). Empowerment Of Students Critical Thinking Skills Through Implementation Of Think Talk Write Combined Problem Based Learning. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13(1), 268-271


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Anggraeni Anggraeni