Sisi Lain Pandemi: Covid-19 dan Keterampilan Literasi Digital Calon Guru IPA

Annisa Rahma Annabawi(1), Sitti Saenab(2*), Andi Rahmat Saleh(3), Adnan Adnan(4), Nur Fadhilah Hasan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.54440

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan literasi digital calon guru IPA Universitas Negeri Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh calon guru IPA Universitas Negeri Makassar, sedangkan sampel berjumlah 76 orang mahasiswa aktif angkatan 2019 yang ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan non tes berupa angket berdasarkan tiga dimensi keterampilan literasi digital menurut Ng (2012) yang terdiri dari  aspek 1) teknik, 2) kognitif, dan 3) sosial emosional dengan pedoman penskoran skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi digital calon guru IPA Universitas Negeri Makassar memiliki nilai rata-rata 64 berada pada kategori kuat. Untuk dimensi teknik berada pada kategori kuat dengan persentase 62%, dimensi kognitif berada pada kategori cukup dengan persentase 60%, dan dimensi sosial emosional berada pada kategori kuat dengan persentase 71%. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, maka disimpulkan bahwa keterampilan literasi digital calon guru IPA di Universitas Negeri Makassar berada pada kategori kuat. Hal ini mengindikasikan sisi lain dari dampak covid-19 yang mana dapat melatihkan dan meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa.

Keywords


Keterampilan Literasi Digital, Calon Guru IPA, Universitas Negeri Makassar

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June, 10. apji.or.id

Biru, R. C. B., Saepudin, A., & Sardin. (2020). Analisis Literasi Digiatl Terhadap Pembelajaran Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(2), 61-69.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.

Fitriai, Y., et al. (2022). Analisa Penerapan Literasi Digital dalam Aktivitas Pembelajaran Daring Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 6(2), 439-448.

Glitser, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley and Computer Publishing.

Mannan, E. F., & Nurpratama, M. R. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Vokasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi. 3(2), 123-136.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy ? Computers & Education, 59(3), 1065–1078.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148–155.

Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Akbar, M. R., Hidayat, L., & Setiawan, J. (2022). Literasi Digital. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 bagi Mahasiswa PGSD: apa,mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal.1(1), 3–13.

Susanto, S. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa FKIP Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Virtual Di Era Kenormalan Baru. Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, 1(2), 339–346.

Syarifah, I. L. et al. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. Jurnla Implementasi. 1(2), 162-168.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Rahma Annabawi, Sitti Saenab, Andi Rahmat Saleh, Adnan Adnan, Nur Fadhilah Hasan