Pengaruh E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene

Nabilah Qatrunada(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.54345

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan E-LKPD dan LKPD cetak berbasis Problem Based Learning. (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan E-LKPD dan LKPD cetak berbasis Problem Based Learning (3) pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah Quasi-Experiment menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Pangkajene yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 335 peserta didik, sampel dipilih secara Purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik dan kelas kontrol dengan jumlah 26 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 20,84 dan LKPD cetak berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 14,03. (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,44 dan LKPD cetak berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata N-Gain 0,19. (3) terdapat pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Pangkajene dengan hasil pengujian hipotesis, dimana diperoleh thitung > ttabel = 6,02 > 1,67.


Keywords


E-LKPD; Problem Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arisoy, B., & Birsel, A. (2021). The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students' Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 9(2), 99-120. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6

Chusni, M.M., Sulistyo, S., Suranto., Sentot, B. R. (2022). Enhancing Critical Thinking Skills of Junior High School Students through Discovery Based Multiple Representations Learning Model. International Journal of Instruction, 15(1),c 927-944.

Faqiroh, Z. (2020). Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia. Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 42-48.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Hanim, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTSN Sabang Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery learning. Lantanida journal, 7(2), 101-193.

Hamzah, A. B., Hasanuddin., & Ramlawati. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terstruktur Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pangkajene. Jurnal IPA Terpadu, 7(3), 16-25.

Kriswantoro., Badrun, K., & Eli, R. (2021). A Critical Thinking Assessment Model Integrated With Science Process Skills on Chemistry for Senior High School. European Journal of Educational Research, 10(1), 285-298.

Leicester, M., & Taylor, D. (2010). Critical Thinking Across the Currriculum. New York: McGraw-Hil Open University Press.

Marzuki., Wahyudin., Endang, C., Dadang, J. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems; A Systematic Procedure of Grounded Theory Study. International Journal of Instruction, 14(4), 529-548.

Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.478

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Nurjanah, N., & Trimulyono, G. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Hereditas Manusia. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 765–774.

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p765-774

Nuryanti,, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(1), 155-158.

Puspatri, R.K.D. (2012). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal ILmiah Guru, 1(2), 117-142.

Qing, Z., Jing, G., & Yan, W. (2010). Promoting Preservice Teachers Critical Thinking Skills By Inquiry Based Chemical Experiment. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1(7), 4597-4603.

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Saregar, A., Irwandani., Abdurrahman., Parmin., Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–54. https://doi.org/10.17478/JEGYS.2018.80

Sarip, N., Arafah, K., & Palloan, P. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X di SMAN 10 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 18(3), 291-299.

Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18515

Supriadi, N. 2015. Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal pendidikan Matematika, 6(1), 112-124.

Wahono, R. H. J., Supeno., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331-8340.


Article Metrics

Abstract view : 241 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabilah Qatrunada, Nurhayani H. Muhiddin, Ramlawati Ramlawati