Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar

Nurul Fuada(1), Hasanuddin Hasanuddin(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.54343

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas yang diajar menggunakan model Discovery Learning  dan model konvensional, 2) peningkatan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning dan model konvensional, 3) pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 341 peserta didik, sampel dipilih secara purposive sampling dengan 2 kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 peserta didik dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik. Pengumpulan data dengan dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis  menunjukkan bahwa 1) tingkat keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 13,03 dan model konvensional berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 9,61, 2) peningkatan  keterampilan proses sains peserta didik  setelah diajar menggunakan model Discovery Learning berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata N-Gain 0,50 dan model konvensional dengan skor rata-rata N-Gain 0,28 berada kategori rendah, 3) terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar dengan hasil pengujian hipotesis, dimana thitung= 4,32 > ttabel=1,68.


Keywords


Model Discovery Learning; Keterampilan Proses Sains.

Full Text:

PDF

References


Afranti. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kepulauan Selayar. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Ariyanto, A. I. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 8 SMP Negeri 1 Bangkala. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Bachri, S., & Dasmo. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dengan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts). Jurnal Formatif. 7(3), 246-252.

Fransiska, L., Subagia, W., & sarini, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(2), 68-79.

Fitriana. (2019). Penerapan Model discovery learning pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal kependidikan. 5(2), 100-108.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept.of Physics, Indiana University.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamadi, A. A. L.., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2018). Pemahaman Guru terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA SMP Di Selatigi. Jurnal pendidikan sains & matematika 6(2),42-53.

Hafifah, D. Pujiastri, D., & Nugraha (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dalam Pelajaran IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda di SDN 1 Tanjunganom. National Seminar on Guidance and Counseling and Workshop on Pedagogical Theory and Practice. 2(2), 163-170.

Juni, K. K. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Biology Education Research. 2(1), 36-51.

Meini., Hasanuddin., & Djufri. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis LKPD Konstruktivistik terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Konsep Makanan dan Sistem Pencernaan Di Sma Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika. 5(1), 1-53.

Nur’aeni, R. S., Jayadinata, A. K., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1). 611-620.

Nenchi, M., Swistoro, E dan Risdianto. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1),142-147.

Oktofika, E., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning di kelas X IPA 3. Jurnal Kumparan Fisika. 1(1), 62-69.

Putri, R. Y., Sudarti & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Jurnal Edumaspul. 6(1), 497-502.

Ritonga, W. A., & Sabani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Gelombang Bunyi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 6(4), 87-94.

Sulastri, E. (2020). Keajaiban Discovery Learning Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Gerak Parabola. Jawa Timur: Delta Pustaka.

Suriasa. (2019). Melatih karakter Siswa dan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.7(1), 28-34.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuliani, H & Dinata, D. (2022). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Di Pembelajaran SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 12(02). 49-55.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Fuada