Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah UNISMUH Makassar.

Muhammad Asnur Yenre(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.54125

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada eskul di SMA Muhammadiyah UNISMUH Makassar melalui pelatihan aplikasi canva. Jenis penelitian termassuk dalam penelitian deskriktif kuantitatif yang terdiri atas 2 kali pengambilan data yaitu pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik eskul di SMA Muhammdiyah UNISMUH Makassaryang berjumlah 20 orang peserta. Instrumen yang digunakan merupakan angket kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan morivasi peserta didik dalam penggunaan aplikasi canva, dimana nilai N-Gain yang ditemukan berada pada angka 0,457 yang secara statistik berada jauh diatas nilai 0,005. N-Gain (%) yang diperoleh yaitu 45,71 %, dapat diartikan bahwa secara persentase keefektifan berada pada kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi canva dapat meningkatkan motivasi peserta didik dengan baik.

Keywords


Motivasi dan canva

Full Text:

PDF

References


Basori, S. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Era Digital Dengan Google Suite. Ahli Madia Press.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1).

Hake, R. R. 2002 . Reliatonship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanis with Gender, High School Physics, dand Pretest Scoreon Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. (Online), (http://www.physics.indiana.ed u/~hake/PERC2002h-Hake. pdf), diakses 12 Desember 2016

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (L. Toni (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 560-568).

Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666-673.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Asnur Yenre