PENINGKATAN KOMPETENSI FASILITATOR PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENGEMBANGAN MODEL EKOLITERASI

Iis Prasetyo(1*), Erma Kusumawardani(2), Sujarwo Sujarwo(3), Yoyon Suryono(4), Puji Yanti Fauziah(5),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(4) Universitas Negeri Yogyakarta
(5) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fasilitator program keluarga harapan di era new normal. Karena era new normal ini terjadi perubahan di masyarakat. Tidak sedikit keluarga penerima manfaat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dan aspek kehidupan lainnya. Sehingga model ekoliterasi menjadi salah satu materi dalam meningkatkan kemampuan fasilitator yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh keluarga penerima manfaat. Kegiatan dimulai dengan analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sasaran program kegiatan ini adalah pendamping program keluarga harapan yang berjumlah 15 fasilitator. Kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tujuan sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Dapat dilihat bahwa kegiatan yang dilakukan telah mengoptimalkan berbagai pihak dan dapat mencapai output yang diharapkan. Diantaranya, pendamping memahami materi yang telah disampaikan. Berdasarkan kegiatan terakhir, keluarga penerima manfaat sudah dapat menerima materi yang disampaikan oleh fasilitator. Keluarga penerima manfaat memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh. Maka dari kegiatan ini, tim pengabdian menyoroti beberapa hal penting yang telah dilakukan, mulai dari memperhatikan konsep pembelajaran orang dewasa, memperkuat fokus pada modal sosial dan juga memperkenalkan pentingnya micro teaching dan peer teaching.
Kata kunci: Covid 19, Ekoliterasi, Kompetensi, Fasilitator


Full Text:

PDF

References


Anwar, F., & Untari, N. (2020) ‘Analisis Pelaksanaan Kebijakan Bantuan Program Keluarga Harapan’, JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(1), pp. 11–17.

Dcode, E. (2020) Infographics- decoding the economics of Covid-19.

Desfandi, M., & Maryani, E. (2017) ‘Building ecoliteracy through adiwiyata program (study at adiwiyata school in Banda Aceh)’, The Indonesian Journal of Geography, 49(1), p. 51.

Goleman, D. (2010) Eco Literate: How Educators are Cultivating Motional, Social, and Ecological Intelligence. USA: Jossey Bass.

Hanoatubun, S. (2020) ‘Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia.’, EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), pp. 146–153.

Hia, E. N., Siagian, M., & Achmad, N. (2021) ‘Implementasi Family Development Session Program Keluarga Harapan.’, Perspektif, 10(1), pp. 128–139. doi: https://doi.org/10. 31289/perspektif.v10i1.4146.

Iverson (2001) Memahami Keterampilan Pribadi. Bandung: CV. Pustaka.

Khaeruman, K., & Mukhlis, A. (2018) ‘Pengaruh Kompetensi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan UMKM Peserta terhadap Peningkatan Pendidikan Aanak Peserta PKH di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang.’, JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 3(2), pp. 22–

Knowles, M.S., Holton III, E. F., & Swanson, R. . (2005) The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development. Burlingtong: Elsevier.

Knowles, M. (1980) The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Cambridge: Englewood Cliffs.

Knowles, M. (2002) Malcolm Knowles, informal adult education, self-direction and andragogy. The encyclopedia of informal education.

Locke, S., Russo, R., & Montoya, C. (2010) ‘Environmental education and eco-literacy as tools of education for sustainable development.’, in.

neri egi rusmana, aulia akbar (2017) ‘Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar’, Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), pp. 1–12.

Nurdiyanti, Y., & Halimah, A. H. (2020) ‘Motivasi Pendidikan Orang Dewasa.’, JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(2), pp. 9–14.

Rondli, W. S., & Khoirinnida, Y. (2013) ‘Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Ecoliteracy: Upaya Rekonstruksi Kewarganegaraan Ekologis.’, in In Prosiding Seminar Nasional, pp. 114–122.

Sihaloho, E. D. (2020) Dampak COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia.

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Dewi, A. A. (2021) ‘Intensification the Role of Parent for Learning Assistance Model at Home in The New Normal Era’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 127–136. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1213.

Wahono, W., Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020) ‘Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital.’, in Proceeding Umsurabaya.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020) ‘Dampak covid-19 terhadap ekonomi indonesia’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), pp. 384–388.

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., Febriyanto, B., Saputra, D. S., & Nahdi, D. S. (2021) ‘Pengaruh model ecoliteracy terhadap sikap ilmiah Di sekolah dasar.’, Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), pp. 110–117.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.