Faktor Penentu Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di SMK Palebon Semarang

Devita Diana Putri(1*), Ahmad Nurkhin(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor penentu hasil belajar siswa selama pembelajaran daring. Faktor yang dimaksud adalah media pembelajaran, metode mengajar, motivasi siswa, dan penggunaan internet. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 76. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa media pembelajaran, metode mengajar, motivasi siswa, dan penggunaan internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring. Metode mengajar guru menjadi faktor dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2021/2022 selama pembelajaran daring. Dengan demikian, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama pembelajaran daring harus dijaga kualitasnya sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran daring, media pembelajaran, metode mengajar, motivasi, penggunaan internet.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT MKK UNNES.

Aini, S. N., & Sudira, P. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 88. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6077

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Aulia, N., Normelani, E., Aristin, N. F., & Geografi, H. B. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS MAN 2 Kandangan. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(4), 28–39.

Budhianto, B. (2020). Analisis Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (e-learning ). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11–29.

Daud, F. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional ( EQ ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 243–255.

Hendra. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.

Ibnu Badar, T. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Kencana.

Jusmiana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 1–11.

Kurniawan, B. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Jurnal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162.

Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Se-Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 1(2), 113–116.

Lukad, V. (2016). The Teaching and Learning of Automotive Electrical. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Mengajar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurul, S., & Sukaraja, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja Oku Timur. Jurnal Ilmu Pendididkan Dan Ekonomi, 1(1), 58–64.

Pingge, H., & Wangid, N. (2016). Factor’s Affecting Student Learning Outcomes Elementary Scholl Student’s in District Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 146–167.

Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147.

Putri, D. T. N. (2013). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi

Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.

Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 34–39.

Sanjaya, & Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Semiun, Y. (2020). Teori-Teori Kepribadian Behaviorostik (Kanisius (ed.)).

Sofyan, H. (2016). Penyusunan Panduan Praktikum (Applied Ap). UNY Press.

Sornsa-ard, T., Niramitsantiphong, A., & Liawrungrueang, W. (2020). Management of Traumatic Spinal Fracture in the Coronavirus Disease 2019 Situation. Asian Spine Journal, 14(3), 385–387. https://doi.org/10.31616/asj.2019.0183

Susanto. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancanangannya) (B. Subiyakto (ed.)). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Utomo, J. B. (2012). Hubungan Antara Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar TIK SMA N 1 Purbalingga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Westwood. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Australia: ACER Press2008.

Zohrani. (2009). Determinasi guru terhadap hasil belajar siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Selong kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–23.


Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.