Pelatihan Self-Awareness Untuk Meningkatkan Kematangan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa SMK-SMTI Makassar

Hilwa Anwar(1*), St Hadjar Nurul Istiqamah(2), Abdul Rahmat(3),

(1) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengembangan karir di kalangan generasi muda telah mengalami perkembangan yang signifikan dikarenakan akan memberikan pengaruh pada masa depannya kelak. Untuk meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran diperlukan adanya kemampuan individu dalam mengenali, memahami perasaan yang dimiliki, kemampuan untuk berpikir secara positif, serta mengambil suatu keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang terkait konsekuensi yang akan muncul nantinya. Pada tahap perkembangan masa remaja yang memiliki tugas perkembangan untuk dapat mandiri dalam merencanakan kehidupan yang akan dijalaninya dengan mengambil suatu keputusan terkait pilihan karir yang akan datang. Perilaku dan aktivitas yang dijalani merupakan titik awal dalam menjalankan tugas perkembangan selanjutnya, yaitu memilih dan mempersiapkan karir agar dapat memeroleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Namun, memilih dan mempersiapkan karir tidak dapat terlaksana apabila individu belum menyadari potensi yang dimiliki. Self-awareness merupakan kesadaran diri untuk dapat memahami, menerima, dan mengelola seluruh potensi untuk dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dalam pengembangan bagi kehidupannya. Adanya self-awareness dapat membantu seseorang dalam mengambil suatu keputusan berdasarkan potensi yang dimiliki. Pelaksanaan PKM ini berfokus pada pelatihan self-awareness yang diberikan kepada siswa SMK-SMTI Makassar. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena menambah pemahaman terkait diri sendiri yang bermanfaat dalam memutuskan karir.

Kata kunci: Siswa, Self-awareness, Pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Esterilita M., Atika, Abdi R., P. S. (2020). Peningkatan Self Awarness Siswa dalam Memilih Karir yang Tepat Di Era Industri 4.0 di MA Asyafi’iyah 01 Jakarta. JPM Bakti Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32–44. https://journal.binawan.ac.id/parahita/article/view/133

Feize, L & Faver. (2018). Teaching Self-Awareness: Social Work Educators’ Endeavors and Struggles. Social Work Education. Vol 38, No. 02. https://doi.org/10.1080/02615479.2018.1523383.

Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E, B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi ke–5). Erlangga.

Santrock, J. W. (2020). Life-Span Development. NYC: McGraw-Hill.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.