PKM Guru Bahasa Indonesia SMP Kecamatan Wonomulyo Sulawesi Barat Melalui Cerpen Ekologi
(1) Jurusan bahasa dan sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan bahasa dan sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Mitra pada PKM ini adalah Guru Bahasa Indonesia di SMP Kec. Wonomulyo, Kab. Polman. Guru sebagai tenaga pengajar dapat membekali karakter peserta didik menjadi peduli lingkungan. Tujuan PKM ini adalah: menjadikan guru terampil mengakses cerpen digital yang bertemakan lingkungan dan guru terampil menentukan nilai pendidikan lingkungan dalam cerpen digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan, tutorial, demontrasi, simulasi, implementasi, dan pendampingan. Target yang dicapai adalah Guru SMPN Wonomulyo peduli lingkungan yang diaplikasikan kepada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama melalui bahan bacaan cerpen yang ada dalam web ruang sastra.com. Hasil yang diperoleh adalah guru terampil mengunduh dan memilih cerpen tema lingkungan dan guru terampil menentukan nilai-nilai pendidikan lingkungan dalam cerpen terbitan Koran mingguan Indonesia. Mitra setelah pelatihan merasa puas dengan adanya kegiatan penelusuran cerpen lingkungan melalui web ruangsastra.com dan penentuan fenomena lingkungan dalam cerpen.
Kata kunci: Guru SMP, cerpen, ekologi
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Iswan.(2021). Nilai Kearifan Lingkungan Dalam Cerpen Bisikan Tanah Melalui Persepsi Mahasiswa (Studi Ekologi Sastra) Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan,Vol.6(1),60-76.http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi
Ahmadi, F. & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah. Semarang: Pilar Nusantara.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Belén, Labrador.(2022).Word sketches of descriptive modifiers in children's short stories for teacher training in teaching English as a foreign language. Linguistic and education vol 69 juni 2022. https://doi.org/10.1016/j.linged.2022.101036.
Beingessner, N. (2021). Narrating values, persuading government: The unsettled stories of agricultural land ownership in the rural Canadian Prairies. Geoforum, 123, 56–65. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.028
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak.https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Fradila, Z., & Sunarti, V. (2022). Hubungan Fasilitas Terhadap Minat Belajar Program Desain Mode Di TBM. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(1)
Garrard, G. (2004). Ecocriticism (the New Critical Idiom). In London and New York: Routledge Taylor & Francis Group (Vol. 53, Issue 9). London and New York: Routledge Taylor & Francis Group.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Glotfelty, C., Fromm, H., Le Guin, U. K.,Kolodny, A., Allen, P. G., & Silko, L. M. (1996). The Ecocriticism Reader:Landmarks in Literary Ecology.University of Georgia Press.
Glover-Meni, N. (2019). Healing the bruised motherland: Exploring ecocritical writing in Ghana. ISLE Interdisciplinary Studies in Literature and Environment, 26(3), 666–687. https://doi.org/10.1093/isle/isz028
Hollweg, K. S., Taylor, J. R., Bybee, R. W.,Marcinkowski, T. J., McBeth, W. C.,
& Zoido, P. (2011). Developing a Framework for Assessing
Environmental Literacy. (Online) Diakses dari http://www.naaee.net.
Juanda. (2018). Eksplorasi Nilai Pendidikan Lingkungan Cerpen Daring Republika: Kajian Ekokritik. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 67-81. https://doi.org/10.12962/j24433527.v0 i0.4331
Juanda. (2019). Ekokritik Film Avatar Karya James Cameron Sarana Pendidikan Lingkungan Siswa. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia , 1-9.
Kim, D., Long, Y., Zhao, Y., Zhou, S., & Alexander, J. (2021). Teacher professional identity development through digital stories. Computers & Education, 162, 104040. doi:10.1016/j.compedu.2020.104040
Kuzmi ˇcová A, Supa M and Nekola M (2022) Children’s perspectives on being absorbed when reading fiction: A Q methodology study. Front. Psychol. 13:966820.doi: 10.3389/fpsyg.2022.966820
Oktamarina, Lidia. 2021. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 2021, Vol. 6 (1), 37-44.https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/MENLHK/ SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah.
Petterson, Aino , Gregory Currie,Stacie Friend, and Heather J Ferguson.(2022). The Effect of Narratives on Attitudes Toward Animal Welfare and Pro-Social Behaviour on Behalf of Animals: Three Pre-Registered Experiments. Poetics Vol.94. Oktober 2022. https://doi.org/10.1016/j.poetic.2022.101709
Ramsay, G. (2020). Ecological Literacy in an Egyptian Short Story. Studia Semitica Upsaliensia, 1–12. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:s e:uu:diva-348196
Rørbech, H., & Karlskov Skyggebjerg, A. (2020). Concepts of literature in Danish L1-textbooks and their framing of students’ reading. L1-Educational Studies in Language and Literature, 20(2), 1–23. https://doi.org/10.17239/L1ESLL-2020.20.02.06
Shabechoff, Philip. 1999. A New Name for Peace: International Environmentalism, Sustainable Development, And Democracy. Sebuah Nama Baru bagi Perdamaian:Environmentalisme Internasional, Pembangunan Berkelanjutan, dan Demokrasi (Penerjemah: P. Soemitro). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Wahyudi, Muhammad Iqbal dan Rianna Wati.(2021). Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra Dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais, Vol. 12.(2) Juli-Desember, 91-98.
Article Metrics
Abstract view : 61 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.