PKM Guru Bahasa Indonesia SMP Kecamatan Wonomulyo Sulawesi Barat Melalui Cerpen Ekologi

Juanda Juanda(1*), Azis Azis(2),

(1) Jurusan bahasa dan sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan bahasa dan sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra pada PKM ini adalah Guru Bahasa Indonesia  di SMP Kec. Wonomulyo, Kab. Polman.  Guru sebagai tenaga pengajar dapat membekali  karakter peserta didik menjadi peduli lingkungan. Tujuan PKM ini adalah: menjadikan  guru terampil mengakses cerpen digital yang bertemakan lingkungan dan  guru terampil menentukan  nilai pendidikan lingkungan dalam cerpen digital. Metode yang digunakan adalah  pelatihan,  tutorial, demontrasi, simulasi, implementasi, dan  pendampingan. Target yang dicapai adalah Guru SMPN Wonomulyo peduli lingkungan yang diaplikasikan kepada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama melalui bahan bacaan cerpen yang ada dalam web ruang sastra.com. Hasil yang diperoleh adalah guru terampil mengunduh dan memilih cerpen tema lingkungan dan guru terampil menentukan nilai-nilai pendidikan lingkungan dalam cerpen terbitan Koran mingguan Indonesia. Mitra setelah pelatihan merasa puas dengan adanya kegiatan penelusuran cerpen lingkungan melalui web ruangsastra.com dan penentuan fenomena lingkungan dalam cerpen.

Kata kunci: Guru SMP, cerpen, ekologi


Full Text:

PDF

References


Afandi, Iswan.(2021). Nilai Kearifan Lingkungan Dalam Cerpen Bisikan Tanah Melalui Persepsi Mahasiswa (Studi Ekologi Sastra) Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan,Vol.6(1),60-76.http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi

Ahmadi, F. & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah. Semarang: Pilar Nusantara.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Belén, Labrador.(2022).Word sketches of descriptive modifiers in children's short stories for teacher training in teaching English as a foreign language. Linguistic and education vol 69 juni 2022. https://doi.org/10.1016/j.linged.2022.101036.

Beingessner, N. (2021). Narrating values, persuading government: The unsettled stories of agricultural land ownership in the rural Canadian Prairies. Geoforum, 123, 56–65. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.028

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak.https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Fradila, Z., & Sunarti, V. (2022). Hubungan Fasilitas Terhadap Minat Belajar Program Desain Mode Di TBM. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(1)

Garrard, G. (2004). Ecocriticism (the New Critical Idiom). In London and New York: Routledge Taylor & Francis Group (Vol. 53, Issue 9). London and New York: Routledge Taylor & Francis Group.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Glotfelty, C., Fromm, H., Le Guin, U. K.,Kolodny, A., Allen, P. G., & Silko, L. M. (1996). The Ecocriticism Reader:Landmarks in Literary Ecology.University of Georgia Press.

Glover-Meni, N. (2019). Healing the bruised motherland: Exploring ecocritical writing in Ghana. ISLE Interdisciplinary Studies in Literature and Environment, 26(3), 666–687. https://doi.org/10.1093/isle/isz028

Hollweg, K. S., Taylor, J. R., Bybee, R. W.,Marcinkowski, T. J., McBeth, W. C.,

& Zoido, P. (2011). Developing a Framework for Assessing

Environmental Literacy. (Online) Diakses dari http://www.naaee.net.

Juanda. (2018). Eksplorasi Nilai Pendidikan Lingkungan Cerpen Daring Republika: Kajian Ekokritik. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 67-81. https://doi.org/10.12962/j24433527.v0 i0.4331

Juanda. (2019). Ekokritik Film Avatar Karya James Cameron Sarana Pendidikan Lingkungan Siswa. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia , 1-9.

Kim, D., Long, Y., Zhao, Y., Zhou, S., & Alexander, J. (2021). Teacher professional identity development through digital stories. Computers & Education, 162, 104040. doi:10.1016/j.compedu.2020.104040

Kuzmi ˇcová A, Supa M and Nekola M (2022) Children’s perspectives on being absorbed when reading fiction: A Q methodology study. Front. Psychol. 13:966820.doi: 10.3389/fpsyg.2022.966820

Oktamarina, Lidia. 2021. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 2021, Vol. 6 (1), 37-44.https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/MENLHK/ SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah.

Petterson, Aino , Gregory Currie,Stacie Friend, and Heather J Ferguson.(2022). The Effect of Narratives on Attitudes Toward Animal Welfare and Pro-Social Behaviour on Behalf of Animals: Three Pre-Registered Experiments. Poetics Vol.94. Oktober 2022. https://doi.org/10.1016/j.poetic.2022.101709

Ramsay, G. (2020). Ecological Literacy in an Egyptian Short Story. Studia Semitica Upsaliensia, 1–12. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:s e:uu:diva-348196

Rørbech, H., & Karlskov Skyggebjerg, A. (2020). Concepts of literature in Danish L1-textbooks and their framing of students’ reading. L1-Educational Studies in Language and Literature, 20(2), 1–23. https://doi.org/10.17239/L1ESLL-2020.20.02.06

Shabechoff, Philip. 1999. A New Name for Peace: International Environmentalism, Sustainable Development, And Democracy. Sebuah Nama Baru bagi Perdamaian:Environmentalisme Internasional, Pembangunan Berkelanjutan, dan Demokrasi (Penerjemah: P. Soemitro). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Wahyudi, Muhammad Iqbal dan Rianna Wati.(2021). Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra Dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais, Vol. 12.(2) Juli-Desember, 91-98.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.