Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Merrisa Monoarfa(1*), Abdul Haling(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Guru serta peserta didik dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori- kategori yang diberikan di dalamnya. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah kehidupan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dibagi kedalam beberapa tahapan pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pelaksanaan, tim pengusul melakukan pendekatan dan sosialisasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menjalin kerjasama dengan pihak SMP I Pattalassang kabupaten Gowa. Selain itu, tim  mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai pendukung lancarnya kegiatan pengabdian. Persiapan yang dilakukan meliputi fasilitas penunjang TIK, akses internet, tempat dan jadwal pelaksanaan. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa: a) Kegiatan PKM ini dilaksakan di SMP 1 Pattalassang Kabupaten Gowa. Dalam proses menyelesaikan persoalan mitra; tim telah memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman konsep media canva dan pembimbingan mendesain dan mengembangkan media canva untuk keperluan pembelajaran, b) Hasil evaluasi proses yang dilakukan selama berlangsung kegiatan PKM melalui pengamatan, menunjukkan bahwa pemahaman peserta sangat baik dan aktivitas peserta berkategori baik pula, c) Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa semua peserta mampu menghasilkan media canva dengan kualifikasi cukup atau belum mencapai kesempurnaannya, d) Respon peserta pelatihan sangat baik, terlihat dengan keaktifan peserta dalam menyelesaikan tugas yang diberikan secara individu dan kelompok mampu terselesaikan dengan baik.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Kompetensi Guru


Full Text:

PDF

References


Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (Online). Vol.8 No.I, http://103.88.229.8/index.php/tadzkiyyah/article/view/2095/1584, (diakses pada tanggal 9 April 2021).

Dzulhijjah, Putri D., et al. "Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, vol. 2, no. 2, Oct. 2015, pp. 1-11.

Hakim, Dori Lukman. 2017. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi (Teaching Math Training Materials Making Media Prezi). UNES Journal of Community Service Volume 2, Issue 2, December 2017 P-ISSN: 2528-5572, E-ISSN: 2528-6846. Open Access at: http://journal.univ-ekasakti-pdg.ac.id.

Kusrianto. Adi. 2013. Business Presentation. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia:Jakarta

Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, Vol.8 No. 2, 79-96, http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

(diakses pada tanggal 14 November 2021)

Silitonga, I. D., & Purba, D. O. Pengembangan Bahan Ajar Dimasa Pendemi COVID 19. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA), (Online). Vol. 3 No 1.

http://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/772/pdf1

( diakses pada tanggal 15 Desember 2021)

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, (Online), Vol.7 No.2,

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261,

(diakses pada tanggal 9 April 2021).


Article Metrics

Abstract view : 2550 times | PDF view : 7565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.