PKM Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar IPA SD Bagi Guru di Kabupaten Barru

Muhammad Amran(1*), Muslimin Muslimin(2), Adnan K.(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Kepala Sekolah SD 33 Bujung Awo, Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Masalahnya adalah: kemampuan guru dalam membuat bahan ajar  IPA SD masih kurang atau rendah. Sasaran kegiaan adalah guru SD yang di gugus 2 Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Metode yang digunakan adalah: ceramah, , diskusi, dan praktek. Hasil yang dicapai adalah 1) peserta sudah memahami tentang pentingnya bahan ajar IPA SD dalam pembelajaran IPA, 2) peserta sudah memahami langkah-langkah pembuatan bahan ajar IPA \, 3) peserta sudah mampu membuat bahan ajar IPA  secara mandiri serta menerapkannnya dalam proses pembelajaran.
 
Kata kunci: Bahan Ajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Guru

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2005). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dit. Ketenagaan Ditjen Dikti.

https://berbagi-media pengetahuan.blogspot.com/2014/05/defenisitujuanp entingnya-bahan-ajar.html diakses pukul 15.00 taanggal 29 januari 2020

https://remajasampit.blogspot.com/2013/01/pengert ian-bahan-ajar-dan-macam-macam.html diakses pukul 21.00 Wita tanggal 30 Januari 2020

Ibrahim Bafadal.(2003). Peningkatan profesionalisme guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Muslimin dan Amran. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM. Jurnal JIKAP PGSD, hal. 56-61.

Sumaji, dkk. (1998). Pendidikan sains yang humanistis. Yogyakarta: Kanisisus.

Thohari Mustamar. (1978). Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.