Pemberdayaan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online untuk Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Hamzah Pagarra(1*), Patta Bundu(2), Muhammad Irfan(3), Hartoto Hartoto(4), Siti Raihan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah guru SD yang tergabung dalam KKG gugus I Kec.Palangga Kab.Gowa. Masalahnya adalah: (1) mitra belum memiliki pemahaman yang memadai dalam merancang evaluasi pembelajaran daring, (2) mitra belum memiliki pemahaman yang memadai tentang aplikasi berbasis tes dan penugasan online yang dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran daring di SD, dan (3) mitra perlu menyesuaikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring untuk siswa SD. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pemahaman yang memadai dalam merancang evaluasi pembelajaran daring, (2) mitra memiliki pemahaman yang memadai tentang aplikasi berbasis tes dan penugasan online yang dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran daring di SD, dan (3) mitra dapat menyesuaikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring untuk siswa SD. Berdasarkan hasil yang dicapai maka dapat disimpulkan bahwa melalui PKM pemberdayaan aplikasi berbasis tes dan penugasan online memberikan manfaat bagi guru (mitra) dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran daring di SD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social–emotional learning. Psychology in the Schools, 48(10), 1034–1048. https://doi.org/10.1002/pits.20611. Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers. Najeemah M Yusof. (2012). School climate and teachers’ commitment: A case study of Malaysia. International Journal of Economics Business and Management Studies, 1(2), 65–75. Rahmani, C.A.M, Haryono, & Purwanti, E. (2017). Pengembangan Media Komunikasi Buku Penghubung Berbasis SMS Gateway dan Mobile Web. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET). 6 (2). pISSN 2252-7125. e-ISSN 2502-4558. Thien, L. M., Abd Razak, N., & Ramayah, T. (2014). Validating teacher commitment scale using a Malaysian sample. SAGE Open, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.1177/2158244014536744. Zacharo, K., Marios, K., & Dimitra, P. (2018). Connection of teachers’ organizational commitment and transformational leadership. A case study from Greece. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(8), 89–106. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.8.6.


Article Metrics

Abstract view : 408 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.