Pengaruh Penerapan Problem Based Leraning Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Makassar

Arwini Puspita Sari(1*), Yunus Tjandi(2), Ruslan Ruslan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMKN 3 Makassar, (b) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMKN 3 Makassar,  dan (c) Mengetahui ada Pengaruh penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa di SMKN 3 Makassar. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen semu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas X TKJ 1 dan 30 siswa kelas X TKJ 2 yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari tes dan dokumentasi, adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka di peroleh: a) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum diterapkan model Problem Based Learning  rata-rata sebesar 49,03, b) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sesudah di terapkan model Problem Based Learning  rata-rata sebesar 75,00, dan c) Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000 yaitu lebih kecil dari dari taraf 5% (0.000 < 0.05) dan diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 4,690 >2.083 yang artinya terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 3 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. & Irawan, D. (2013). Pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division di sekolah dasar. Universitas Islam Agung Semarang. Unissula Press.

Akhiruddin, dkk (2019). Belajar dan Pembelajaran. Makassar. Cahaya Bintang Cemerlang.

Helmiati. (2012). Model pembelajaran. Pekanbaru. Aswaja Pressindo.

Muhammad. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Unissula Press.

Nurjan. (2015). Psikologi belajar. Ponorogo. Wade Group.

Setiawan, M.A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia.

Siregar, S. (2012). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. CV Budi Utama

Fakhri, M. M., Al Ihlas, M., Suwahyu, I., Rahman, A., & Yuanita, B. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMK Negeri 2 Makassar. INTEC: Information Technology Education Journal, 1(1), 104-109.

Wardana. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Watampone. CV.Kaffah Learning Center

Yuberti. (2014). Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. Banjar Lampung. Anugrah Utama Rahaja


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.