Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kalabahi
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kalabahi sebelum diterapkan pendekatan keterampilan proses dengan metode eksperimen? (2) seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kalabahi setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses dengang metode eksperimen?(3) bagaimana peningkatan hasil belajar fisika peserta didik sebelum dan setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses dengan metode eksperimen?.Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kalabahi sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan prosese dengan metode eksperimen sebesar 9,45dan standar deviasi sebesar 1,87 dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan metode eksperimen sebesar 14,18dan standar deviasi sebesar 3,47 dengan nilai rata-rata Gain Ternormalisasi 0,38 berada dalam kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X. SMA Muhammadiyah Kalabahi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.