PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN METAKOGNITIF BERBASIS FISIKA DENGAN MODEL TWO-TIER MULTIPLE CHOICE

Irdayani Hamid(1*), Helmi Abdullah(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan tes pengetahuan metakognitif berbasis fisika dengan model TTMC yang menggunakan model pengembangan Brogg and Gall. Penelitian melalui 11 tahapan dengan  tujuan 1)Mengambarkan tes pengetahuan metakognitif berbasis Fisika dengan Model Two-Tier Multiple Choice; 2)Menguji validitas teoritik tes pengetahuan metakognitif berbasis Fisika dengan Model Two-Tier Multiple Choice; 3)Menguji validitas empirik tes pengetahuan metakognitif berbasis Fisika dengan Model Two-Tier Multiple Choice; 4) Mengetahui  respon guru terhadap tes  pengetahuan metakognitif berbasis Fisika dengan Model TTMC. Gambaran tes pengetahuan metakognitif  didesian dengan tiga tingkatan  berdasarkan kategori PM menurut Swart dan Parkin. Selain itu, tes pengetahuan metakognitif yang dirancang 29 soal dari 32 soal yang dirancancang  telah memenuhi standar karasteristik soal yang baik  dimana tingkat kesukaran soal, daya beda dan fungsi pengecoh soal telah berfungsi dengan baik. Hasil validitas teoritik tes pengetahuan metakognitif diperoleh 32 soal berada dalam kategori valid dengan indeks kesepakatan ketiga pakar secara keseluruhan adalah 74,65%. Hasil validitas empirik diperoleh 29 butir soal valid. Tes pengetahuan metkognitif mendapat respon positif oleh guru dengan besar rata-rata persentase untuk semua aspek 94.4%. Setelah melakukan proses penelitian, diperoleh bahwa 29 soal pengetahuan metakognitif layak digunakan dan dimasukkan dalam bank soal pada buku model tes pengetahuan metakognitif sebagai produk akhir dari penelitian ini.

Kata kunci: pengetahuan metkognitif, Two-Tier Multiple Choice, dan validitas


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.