Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar FisikaPeserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar

Mursyidul Awwam(1*), Jasruddin Daud Malago(2), Salamang Salmiah Sari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 9 Makassar; mendeskripsikan besarnya nilai efek pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran fisika; menganalisis peningkatan hasil belajar fisika yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari dua yaitu pendekatan pembelajaran Kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional sedangkan variabel tak bebas adalah hasil belajar fisika. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam kategori sedang dan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dalam kategori rendah; niai efek pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran fisika menunjukkan bahwa efek perlakuan yang digunakan berada pada kategori besar dengan ukuran efek Cohen D = 0,871; peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.