Analisis Kualitas Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Hukum I dan II Newton di Sekolah Menengah Atas

Muhammad Taufiqurrahman Amir(1*), Endang Purwaningsih(2), Amir Abduh(3),

(1) State University Of Malang
(2) State University Of Malang
(3) State University Of Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hukum I dan II Newton merupakan salah satu bagian dari banyak materi yang membutuhkan kemampuan keterampilan berargumentasi ilmiah. Keterlibatan siswa dalam penerapan metode atau model pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah yang difasilitasi oleh pendidik dapat menghasilkan ide-ide cemerlangnya dan pengetahuan baru yang dibangun sendiri seperti halnya para ilmuwan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada materi Hukum I dan II Newton di tingkat sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling cluster random sampling (N = 65 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan argumentasi ilmiah siswa paling dominan berada pada Level 2 yaitu argumen-argumen yang terdiri dari komponen claim yang didukung oleh data. Siswa terkadang membuat claim berdasarkan pada pemahaman yang kurang tepat terhadap Hukum I dan II Newton.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.