Pelaksanaan Kegiatan Kokurikuler Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Taro Ada’ Taro Gau’ (Tanggung Jawab) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Maros

Arsyam Basri(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk melihat peningkatan karakter taro ada’ taro gau’ (tanggung jawab) peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Maros. Hipotesis penelitian ini meningkatnya karakter  peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Maros setlah diterapkan kegiatan kokurikuler. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Maros dengan jumlah peserta didik 7 (tujuh) orang. Untuk mengetahui meningkatnya karakter tanggung jawab peserta didik dapat dilihat dari hasil tes/pertemuan (berupa soal-soal esai). Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai peningkatan karakter tanggung jawab yang diambil dari tes/pertemuan dan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan tehnik kategorisasi dengan skala lima Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diyakini bahwa 7 (tujuh) orang peserta didik meningkat dari kurang bertanggung jawab menjadi sangat bertanggung jawab. Adapun indikator tanggung jawab adalah (1) menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya; (2) menjalankan instruksi sebaik-baiknya selama proses pembelajaran berlangsung; (3) dapat mengatur waktu yang telah ditetapkan; (4) fokus dan konsisten; dan (5) rajin dan tekun selama proses pembelajaran berlangsung, berdasarkan indikator diatas dapat dikatakan sudah memenuhi indikator dari tanggung jawab atau dengan kata lain taro ada’ taro gau’.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.