Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kota Makassar Ditinjau dari Kompetensi Guru

Nurmayani J. Said(1*), Kaharuddin Arafah(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran oleh guru fisika SMA Negeri di Kota Makassar ditinjau dari kompetensi guru. Subjek penelitian ini adalah guru Fisika yang telah menyandang status sertifikasi mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019. Setiap subjek dikategorikan berdasarkan masa sertifikasinya yaitu guru dengan masa sertifikasi kurang dari tujuh tahun dan guru dengan masa sertifikasi lebih dari atau sama dengan tujuh tahun. Hasil penelitian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan meninjau keterlaksanaan pendekatan saintifik oleh guru Fisika dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran oleh guru Fisika SMA Negeri di Kota Makassar, baik yang memiliki masa sertifikasi kurang dari tujuh tahun ataupun yang lebih dari tujuh tahun, belum terlaksana secara optimal terutama pada bagian menanya, mencoba, dan mengkomunikasikan. Selain itu, terdapat empat kendala pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran, di antaranya adalah kurangnya fasilitas, kurangnya kemampuan belajar peserta didik, rendahnya keinginan peserta didik untuk bertanya, dan kurangnya kesiapan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

 Kata kunci: Sertifikasi, Kompetensi Guru, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran.

 

This study aims to obtain a picture of the implementation of the scientific approach in the learning process by physics teachers in the State High School in Makassar in terms of teacher competency. The subjects of this study are Physics teachers who have attained certification status from 2009 to 2019. Each subject was categorized based on its certification period, namely teachers with a certification period of less than seven years and teachers with a certification period of more than or equal to seven years. The results of the study were analyzed using a qualitative descriptive approach by reviewing the implementation of the scientific approach by the Physics teacher in the learning process.  Data in this study were collected through questionnaires, observations, interviews, and documentation.  The results showed how the implementation of scientific learning in the learning process by high school physics teachers in Makassar City, both those who have a certification period of less than seven years or more than seven years, have not been implemented optimally in the questioning, trying, and communicating sections. In addition, there are four obstacles to the implementation of a scientific approach in the learning process, including the lack of facilities, lack of learning ability of students, low willingness of students to ask questions, and lack of teacher readiness in implementing the learning process.

 Keywords: Certification, Teacher Competence, Scientific Approach, Learning.


Full Text:

Pdf

References


Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Depdiknas, 2003.

Depdikbud, Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Abidin, Y, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013 Refika Aditama, 2014.

Marchin, A, Implementasi pendekatan saintifik penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan, Jurnal pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol (3), 2014, No (1): 28-35.

Kuspriyanto, B., & Siagian, S, Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 2013, 134–258.

Thomas, D. R, A General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data, American Journal of Evaluation, 27(2), 2006, 237–246.

Carreker, S., & Boulware-Gooden, R, The personal competencies: Through the eyes of the classroom teacher, Philadelphia, PA: Center on Innovations in Learning, Temple University, 2015.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | Pdf view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.